Jadi Wisata Baru, 4 Gua di Pegunungan Patiayam Kudus Sudah Dibuka

0
123
ilustrasi

TNews, WISATA ­- Pemerintah Desa Terban Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mulai membuka empat gua di kawasan Pegunungan Patiayam. Hal tersebut pun menjadi daya tarik wisata baru di Kudus bagian timur.

Baca juga: Keterbatasan Ruang, Museum Patiayam Kudus Minim Display Koleksi Fosil

Pantauan di lokasi empat gua yang sudah dibuka dari belasan gua yang ditemukan berada di kawasan Pegunungan Cangkraman Patiayam. Pengunjung pun sudah bisa melihat secara dekat gua peninggalan zaman Jepang.

Kades Terban Supeno mengatakan ada belasan gua di kawasan Pegunungan Patiayam Kudus. Kini sudah ada empat gua yang sudah dibuka dan bisa digunakan untuk berwisata.

“Gua Dalem memang sudah ada sejak dulu ya, itu merupakan peninggalan leluhur. Selain Gua Dalem ada belasan gua lainnya peninggalan zaman Jepang,” kata Supeno ditemui di lokasi, Kamis (28/10/2021).

“Guanya sudah kebuka ada empat itu. Satu Goa Dalem, yang tiga peninggalan zaman Jepang,” sambung dia.

Supeno mengatakan gua yang telah dibuka memiliki bentuk yang unik. Di antaranya berbentuk seperti huruf L, I, dan T. Menurutnya simbol huruf itu diperkirakan memiliki makna sebagai goa intai.

“Bentuknya T, I,dan L. Maknai banyak sandi dalam membuat gua. Yang sudah sandi huruf, maknanya tiga gua kok gua intai semua,” kata Supeno.

“Karena Jepang pintar strategi. Jenis gua itu ada intai, logistik dan lainnya,” sambung dia.

Menurutnya belasan gua yang belum dibuka akan dibuka. Terlebih gua-gua peninggalan Jepang itu menjadi daya tarik wisatawan untuk mengenal kawasan Patiayam Kudus.

“Ini yang lain belum kami buka,” jelasnya.

Supeno berharap kedepan wisata di kawasan Pegunungan Patiayam Kudus bisa dikenal banyak orang. Tak hanya itu diharapkan juga dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Memang visi misi saya memajukan sektor wisata desa. Kita sudah SK desa wisata berkembang. Saya terpacu, setidaknya Terban kawasan dengan banyaknya potensi ini akan munculnya UMKM muncul dan bisa dinikmati masyarakat. Maka kita mulai buka potensi wisata yang ada di sini,” ungkap Supeno.

“Ruang terbuka mulai kita buka akan kita buka. Kendala satu terkait jalan. Jadi saya punya keyakinan jalan Daendels jalan perhutani dijembatani (ada perbaikan jalan) pemerintah sudah rampung, Patiayam akan menjadi kota,” pungkas.

 

 

Sumber : detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.