Dandim Bitung Tinjau Lokasi Budidaya Sereh Wangi

0
160

TNews, Bitung – Komandan Kodim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., bersama Assisten III Pemkot Bitung Benny Lontoh didampingi Kasdim 1310/Bitung Mayor Inf Hardi Gue, Danramil 1310-01/Bitung Kapten Inf Fredrik Liwutang dan Pasiter Kodim 1310/Bitung Letda Inf Jouri Wanempru, Rabu (30/03/2022), melakukan peninjauan budidaya tanaman Serai Wangi di lahan milik Ketua Kelompok Tani Pisok Bpk. Welli Doringin Kelurahan Tendeki Kecamatan Matuari.
Dandim Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han mengatakan budidaya Sereh Wangi ini,

merupakan salah satu program pertanian yang digagas Kodim 1310/Bitung dengan Dinas Pertanian Kota Bitung serta Kelompok Tani Pisok Kelurahan Tendeki.
“Tanaman Sereh wangi adalah salah satu komoditi penghasil minyak atsiri yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, sehingga merupakan salah satu budidaya yang juga cukup penting di Indonesia,” jelas Dandim.
Selain itu kada Dandim, kebun percontohan dengan budidaya serai wangi atau nama latinnya botani cymbopogon citratus ini, mempu memberikan manfaat bagi masyarakat petani sehingga diharapkan agar lebih kreatif dalam mengolah hasil panen dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.


Asisten III Pemkot Bitung Benny Lontoh juga meminta jajarannya agar sigap dalam melakukan pendampingan sehingga petani dapat menjaga ketersediaan dan stabilitas pasokan serta menunjang peningkatan produksi maupun produktivitas komoditas pertanian yang ada, termasuk hasil perkebunan seperti budidaya Sereh Wangi.
“Diharapkan kita dapat meningkatkan nilai tambah, daya saing dan keunggulan setiap komoditas pertanian yang ada di Kota Bitung, dengan pemberdayaan petani serta komoditas unggulan yang ada,” jelas Lontoh.


Selanjutnya, Lontoh mengatakan dengan pemberdayaan petani ini, kami tergerak menjalin kemitraan dengan Kelompok Tani Pisok.
“Agar program ini berjalan maksimal, kedepan akan lebih dikembangkan lagi budidaya tanaman Sereh Wangi ini, dengan melalukan penambahan luasan lahan serta memaksimalkan kuantitas anggota Kelompok Tani Pisok. Sehingga peningkatan hasil produksi Sereh Wangi ini dapat menambah penghasilan secara signifikan bagi petani di kota Bitung,” tutup Lontoh. (MT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.