Belasan Tahun Bekerja Sebagai Wartawan TV Nasional, Iptu Umbaran Diangkat jadi Kapolsek. Kok Bisa? Simak Kisahnya

0
209
Iptu Umbaran, polisi yang menyamar jadi wartawan selama 14 tahun. Sekarang Dia diangkar jadi Kapolsel di wilayah Pati Jawa Tengah

TNews, JATENG – Iptu Umbaran Wibowo, adalah seorang wartawan yang bekerja selama 14 belas tahun sebagai reporter di salah satu TV Nasional, mendadak viral.

Pasalnya, saat ini Ia ditunjuk menjadi Kapolsek di wilayah Pati Jawa Tengah. Lantas bagaimana bisa seorang wartawan diangkat menjadi seorang kapolsek?

Pekerjaan sejatinya, Iptu Umbaran bukanlah wartawan, melainkan anggota Polisi. Ia diketahui berasal dari satuan intelejen keamanan atau Satintelkam Polri.

Statusnya sebagai wartawan ternyata merupakan bagian dari tugas penyamaran yang diperintahkan pimpinan.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudussy dalam keterangannya mengatakan, selama penyamaran, Iptu Umbaran berstatus kontributor TV Nasional wilayah Pati.

“Iptu Umbaran betul anggota Polri dan benar pernah bekerja sebagai kontributor di TVRI Jateng untuk wilayah Pati,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudussy dalam keterangan tertulis, Rabu (14/12/2022).

Iqbal mengatakan, selama penyamaran, Iptu Umbaran bukan pegawai tetap stasiun televisi nasional tersebut. “Dia bukan pegawai tetap TVRI. Dia juga pernah ditugaskan melaksanakan tugas intelijen di wilayah Blora,” jelas Iqbal.

Iqbal kemudian menyampaikan Iptu Umbaran selesai mengemban tugas intelijennya pada Januari 2021. Dia lalu pindah ke Blora dan menjabat kanit intel.

“Januari 2021 penugasan tersebut selesai dan dia pindah menjadi organik Polres Blora sebagai kanit intel di Polres Blora. Selanjutnya diangkat sebagai Wakapolsek Blora,” terang Iqbal.

Iqbal menuturkan Iptu Umbaran dilantik menjadi Kapolsek Kradenan pada Senin (12/12). Dia pun membantah isu pencopotan Iptu Umbaran dari kapolsek gegara status intelnya terbongkar.

“Tanggal 12 Desember 2022 dia dilantik menjadi Kapolsek Kradenan. Bersama ini disampaikan, isu pencopotan yang bersangkutan dari jabatannya selaku Kapolsek tidak benar. Saat ini dia masih melaksanakan tugas di jabatan barunya Kapolsek Kradenan,” pungkas Iqbal.

Penulis : Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.