Sekda Minut Pimpinan Rapat Evaluasi Penanganan Bencana Libatkan BPBD dan Dinas PU

0
39

Alat Berat Diterjunkan Percepat Normalisasi di Desa Tiwoho

“Berdasarakan petunjuk Bupati bapak Joune J.E Ganda, SE,MAP, MM, MSi dan wakil bupati bapak Kevin Wiliam Loyulung, SH, MH, harus dilakukan evaluasi rutin terkait kelengkapan administrasi terkait sumber dana pelaksanaan penangan bencana di kabupaten Minahasa Utara secara terperinci baik dari Biaya Tak Terduga, Bantuan BNPB maupun bantuan dari pihak ketiga. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk pertanggung jawaban, sekaligus untuk mengetahui keberhasilan yang dicapai. Juga sebagai langkah untuk mengetahui dan mengantisipasi kendala sekaligus inventarisasi kebutuhan lanjutan  penunjang pekerjaan teknis maupun kebutuhan warga terdampak bencana. Kami sudah diingatkan bapak bupati, jangan kita sudah capek-capek melaksanakan pekerjaan, tapi tidak tetap sasaran bahkan kemudian lupa melakukan langkah administrasi”

Alat berat yang dikirim semalam ke Tiwoho kecamatan Wori. (Foto : Ist)

TNews, Minut Sulawesi Utara – Sekda Minut Ir. Novly Geret Wowiling, MSi, Jumat (03/02/2023) malam, memimpin rapat evaluasi penanganan bencana alam di kabupaten Minahasa Utara, dengan melibatkan dua instansi teknis terkait kebencanaan yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dihadiri langsung Kepala Pelaksanan BPBD Drs. Theodore Lumingkewas, MM dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang juga dihadiri langsung kepala dinas PU Noldy Kilapong.

Dalam rapat yang digelar di ruang kerja Novly Wowiling ini, dibahas capaian serta kebutuhan mendesak dalam pelaksanaan penanganan kebencanaan, yang telah maupun akan dilaksanakan baik secara teknis diantaranya normalisasi infrastruktur jalan maupun fasilitas umum lainnya, juga dievaluasi dalam rapat ini, adalah penanganan bantuan bahan makanan dan bantuan lain, yang dialokasikan bagi warga yang terdampak bencana maupun terjadinya bencana alam di wilayah kabupaten Minahasa Utara.

“Berdasarakan petunjuk Bupati bapak Joune J.E Ganda, SE,MAP, MM, MSi dan wakil bupati bapak Kevin Wiliam Lotulung, SH, MH, harus dilakukan evaluasi rutin terkait kelengkapan administrasi terkait sumber dana pelaksanaan penangan bencana di kabupaten Minahasa Utara secara terperinci baik dari Biaya Tak Terduga, Bantuan BNPB maupun bantuan dari pihak ketiga. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk pertanggung jawaban, sekaligus untuk mengetahui keberhasilan yang dicapai. Juga sebagai langkah untuk mengetahui dan mengantisipasi kendala sekaligus inventarisasi kebutuhan lanjutan  penunjang pekerjaan teknis maupun kebutuhan warga terdampak bencana. Kami sudah diingatkan bapak bupati, jangan kita sudah capek-capek melaksanakan pekerjaan, tapi tidak tetap sasaran bahkan kemudian lupa melakukan langkah administrasi. Itulah gunanya rapat evaluasi ini,” kata Wowiling

Selanjutnya sekda mengatakan, untuk normalisasi akses jalan di beberapa lokasi seperti di ruas Warisa-Patokaan, Wori-Likupang yakni jembatan di Minaesa, penangan longsoran tanah di ruas Airmadidi – Tondano dan longsoran di desa Tiwoho kecamatan Wori, sudah dan sedang dalam penanganan Pemkab Minut bekerjasama dengan dinas PU Provinsi Sulawesi Utara dan BPJN Wilayah Sulut.
“Untuk di Tiwoho dilakukan penambahan alat berat yang akan melakukan pekerjaan pengerukan tanah serta pembersihan akses jalan dari material yang menghalangi, dan malam ini sudah harus dilakukan pengiriman alat berat tersebut ke lokasi. Diingatkan juga untuk pelaksanan teknis yakni BPBD dan dinas PU dan OPD lainnya untuk pelaporan foto menggunakan penangambilan gambar Handphone berbasis aplikasi sehingga ada penentuan titik koordinat, waktu serta instansi yang melaporkan kegiatan dalam bentuk foto ini,” jelas Wowiling.

Sementara itu, Dinas Kominfio dan Persandian diinstruksikan untuk rutin melakukan dokumentasi berbentuk video dengan menggunakan pesawat Drone sehingga lokasi-lokasi yang belum memungkinan terjangkau secara manual lewat darat, dapat diketahui secara detail kondisi yang ada, sekaligus akses pelaporan cepat dengan menggunakan teknlogi berbasis data. (Penulis Meiyer Tanod)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.