‘Boneka’ Herson Mulai Melawan, Dikabarkan Pendukung YAKIN Akan Kacaukan Kampanye H2M Bersinar

0
861
Tampak calon Bupati nomor urut 2, Azhar Yasin saat berorasi pada kampanye rapat terbatas oleh pasangan H2M-Bersinar.

TOTABUANEWS, BOLSEL – Sepekan jelang hari pencoblosan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolsel, konstalasi politik di daerah tersebut mendadak berubah. Sebelumnya sudah menjadi rahasia umum, bahwa pasangan calon nomor urut 2 Azhar Yasin dan Gustamil Katili (YAKIN) adalah calon ‘Boneka’ yang sengaja di pasang oleh Herson Mayulu, kini dikabarkan mulai melawan.

Bahkan kabarnya lagi, pendukung YAKIN akan kacaukan kampanye pasangan calon Herson Mayulu – Iskandar Kamaru (H2M Bersinar). Hal itu, dibuktikan melalui pesan singkat (sms) dikirim kepada Ketua KPU Zulkarnain Kamaru, Ketua Panwas Monita Mokodompit dan Polsek Urban Bolaang Uki Kompol Brammy Tamalihis, oleh bakal calon Bupati Bolsel yang dinyatakan gugur oleh KPU beberapa waktu lalu Haris Kamaru.

Dalam pesan singktanya, jika kampanye yang akan dilaksanakan di lapangan Desa Salongo, Kecamatan Bolaang Uki itu tetap digelar, pendukung YAKIN akan bergabung dengan pendukungnya (masa HAKYM) untuk menghentikan kampanye H2M Bersinar.

Berikut kutipan yang ditulis Haris Kamaru lewat sms pada 30 November 2015, pukul 14.48 (Wita):

“KPD. YTH KPU DAN PANWAS KAB. BOLSEL SULUT, DIBERIKTAHUKAN KAMPNYE MONOLOGIS H2M, NO URT 1 PD TGL 3, DI DS SALONGO AGAR DIHENTIKAN, SKALI LAGI AGAR DIHENTIKAN. YANG BERSANGKUTAN H2M SUDAH 10 KALI MELAKSANAKAN KAMPANYE MONOLOGIS TANPA STTP, DIANTARANYA DS MEYAMBANGA, DS MOMALIA, DS SINOMBAYUGA, MILANGODAA, DS PANGIA, DS DUDEPO, DS PINOLISAN, DS DUDEPO, DS MATAINDO DST. KAMI SUDAH KONFIRMASI DENGAN PIHAK POLRE TERNYATA TIDAK ADA STTP TETAPI KPU DAN PANWAS BERSIKAP BANCI DAN MEMBIARKAN. UNTUK ITU DIHENTIKAN KAMPANYE DI SALONGO. BILA TIDAK DIHENTIKAN PLANGGARAN H2M, NO 1, DIKHAWATIRKAN MASA HAKYM & YAKIN AKAN BRTINDAK. SALAM HAKYM YAKIN,” Tulis Haris Kamaru

 

Tak pelak, tindakan mantan bakal calon bupati Bolsel yang diketahui masih aktif sebagai anggota Polri yang bertugas di Provinsi Gorontalo tersebut, direspon oleh Polda Sulut. Ketika dikonfirmasi, Kapolda Brigjen Pol. Wilmar Marpaung melalui Kabid Humas Polda Sulut, AKBP Wilson Damanik mengatakan tindakan Haris Kamaru tersebut sama sekali tidak dibenarkan. “Jika benar dia (Haris Kamaru) melakukan hal tersebut, walaupun tugas dimana saja yang namanya anggota Polri, itu tetap tidak boleh. Dan ini akan ditindak tegas,” ucap AKBP Wilson Damanik via ponselnya, kemarin.

Kapolsek Urban Bolaang Uki, Kompol  Brammy Tamalihis turut membenarkan perihal sms Haris Kamaru tersebut.“Katanya kampanye H2M di Desa Salongo sekali lagi dihentikan. Bila tidak dihentikan dikhawatirkan massa HAKYM dan YAKIN akan bertindak,”sebut Brammy yang menyebutkan sebagian pesan sms yang diterimanya yang dikirim Haris Kamaru.

Di sisi lain, soal tudingan Haris Kamaru bahwa selama ini Kampanye terbatas H2M Berinar tidak ada STTP, dibantah oleh Kepala Satuan Intelkam Mapolres Bolmong, AKP Suwarno yang mengeluarkan STTP. Menurutnya, STTP selalu dikeluarkan setiap pasangan H2M Bersinar akan menggelar kampanye terbatas. “Pernyataan Bapak Haris Kamaru yang menyebutkan H2M Bersinar menggelar kampanye terbatas beberapa waktu lalu tanpa memiliki STTP itu tidak benar,” bantahnya.

Informasi bahwa YAKIN mulai melakukan perlawanan kepada pasangan calon nomor urut 1, diperkuat oleh pernyataan sejumlah pendukung YAKIN. “Kami tidak mau YAKIN hanya dijadikan calon Boneka Herson, kami akan bergabung dengan pendukung HAKYM untuk memenangkan YAKIN,” tegas sejumlah pendukung.

 

 

konni balamba

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.