Pilwako Kotamobagu Peluang 4 Pasang, Golkar-Demokrat Poles Herdy – Haris

0
92
Karikatur Herdy Korompot & dr. Haris Mongilong/By : Hijrah Dondo

TNews, KOTAMOBAGU – Menjelang pendaftaran bakal calon kepala daerah serentak 2024, Kota Kotamobagu terus diwarnai kejutan demi kejutan.

Salah satu pemicu utama dinamika ini adalah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu, yang membuka peluang bagi partai politik untuk mengusung pasangan calon, meski tidak memenuhi jumlah kursi sesuai peraturan KPU (PKPU) sebelumnya.

Putusan ini memberikan angin segar bagi partai-partai yang sebelumnya tidak memiliki cukup kursi di DPRD untuk mencalonkan pasangan kepala daerah.

Partai Golkar dan Demokrat dikabarkan siap memberi kejutan dengan menghadirkan poros ke empat dalam Pilwako Kotamobagu.

BACA JUGA : Golkar – Demokrat Kans Jadi Penonton di Pilwako Kotamobagu

Dua partai politik yang memiliki total tiga kursi di DPRD Kotamobagu, yakni Partai Golkar dengan dua kursi dan Partai Demokrat dengan satu kursi, dikabarkan tengah mempersiapkan koalisi strategis untuk mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilwako 2024.

Menurut sumber yang terpercaya pada Sabtu 24 Agustus 2024 tadi malam, Partai Golkar saat ini mempersiapkan kader terbaik mereka, Herdy Korompot, untuk dipasangkan dengan dr. Haris Mongilong.

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa dr. Haris sudah menerima B1-KWK dari Partai Demokrat. Namun, sumber tersebut tidak menjelaskan siapa yang akan menempati posisi calon wali kota dan siapa yang akan menjadi calon wakil wali kota.

Wakil Ketua DPD II Golkar Kotamobagu, Sudirman Mamonto, sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa Partai Golkar sangat optimis akan berpartisipasi dalam Pilwako 2024.

Ia juga mengungkapkan bahwa Golkar tengah menjalin komunikasi intensif dengan Partai Demokrat untuk membentuk koalisi yang kuat.

“Jika mengacu pada Keputusan MK kemarin, Golkar dan Demokrat sudah cukup untuk mengusung pasangan calon. Komunikasi dengan Demokrat sudah terjalin, tetapi keputusan final masih berada di tangan DPP,” ujar Sudirman kepada Tim Redaksi Totabuan News.

Jika koalisi Golkar dan Demokrat ini terwujud, pasangan Herdy Korompot – Haris Mongilong akan menjadi pasangan calon keempat dalam Pilwako Kotamobagu 2024.

Sebelumnya, sudah ada tiga pasangan calon yang dipastikan akan bertarung, yaitu Nayodo Koerniawan – Sri Tanti Angkara (PDIP – Hanura), Weny Gaib – Rendi Mangkat (PKB-Gerindra), dan Meiddy Makalalag – Syarifuddin Mokodongan (Nasdem – PPP).

Dengan tambahan pasangan calon dari Golkar dan Demokrat, Pilwako Kotamobagu 2024 diprediksi akan menjadi salah satu pertarungan politik paling kompetitif di Sulawesi Utara, dengan empat pasangan calon yang siap bersaing memperebutkan kursi tertinggi di kota tersebut.

(Konni Balamba)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.