Pemkab Bolsel Diminta Libatkan Siswa Dalam PISB

0
53
Pemkab Bolsel Diminta Libatkan Siswa Dalam PISB
Herson Mayulu

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Program Ibadah Subuh Berjamaah (PISB) setiap Sabtu yang dicanangkan Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi Herson Mayulu (H2M) dan wakil bupati (wabup), Iskandar Kamaru sejak awal 2016 ini, menuai dukungan dan pujian dari berbagai kalangan. Sebut saja Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) MESJID Indonesia. Zainal Van Gobel, selaku ketua cabang bolsel menuturkan jika program ini mampu membentuk karakter masyarakat khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah yang mengangkat visi religius.

“Program ini sangat mencerminkan Bolsel sebagai daerah religius. Ini perlu dukungan kita semua,” ujar Zainal.

Di sisi lain, dia juga mengusulkan, PISB sebaiknya tidak hanya di lingkup PNS, aparat desa serta anggota DPRD saja. Tapi agar lebih edukatif, Pemkab dapat mengundang secara bergilir para siswa di semua sekolah di daerah itu.

Menurutnya lewat program ini, pemerintah dapat memberikan imbauan-imbauan kepada peserta didik di Bolsel tentang berbagai isu terkini dengan menggunakan pendekatan agama. “Nah, lewat program ini, banyak pesan moral yang bisa disampaikan kepada para siswa. Salah satunya soal dampak penyalagunaan obat seperti yang lagi ngetren saat ini,” usulnya.

Khusus di kalangan PNS, PISB menjadi keharusan karena berdampak pada Tunjangan Kinerja Daerah (TKD). Bupati H2M telah menegaskan, PNS yang tidak mengikuti program ini sama sekali, tidak akan diberikan hak TKD.

“Meski pun tingkat kehadirannya (di kantor) tinggi tapi tidak ikut ibadah subuh, maka TKDnya tidak akan diberikan,” tegas Om Oku sapaan akrab bupati, baru-baru ini.

Dia jelaskan, ibadah subuh berjamaah bagi semua penganut agama, bertujuan positif bagi pribadi, masyarakat dan daerah. Tidak hanya sebatas program mingguan saja. Selain melahirkan banyak kebaikan, program ini diakuinya sudah cukup dikenal oleh masyarakat di luar daerah. Tak hanya di skala Sulut. Sejumlah warga luar Bolsel ikut mengacung jempol atas programnya tersebut. Sementara itu, untuk pelibatan siswa dalam program ini, bupati Herson Mayulu belum memberikan tanggapannya.

Raldy

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.