Pemkot Sukses Bujuk Mbah Ngatjiman

0
40
Pemkot Sukses Bujuk Mbah Ngatjiman

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU — Meski sempat menolak bujukan dari Pemerintah setempat, akhirnya pria Lanjut Usia (Lansia) yang tinggal di emperan toko sejak dua pekan lalu itu, mau untuk dibawah ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu, guna diberikan perawatan.

Mbah Ngatjiman, sebelumn menolak keras saat dibujuk oleh instansi terkait dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos), untuk dibwah ke-Rumah Sakit. Padahal, Menurut Sekretaris Dinsos saat ditemui beberapa hari lalu, dalam kondisi sakit asma. “Informasih mengenai Mbah ini, kami terima dari media sosial. Sejak pekan lalu kami sudah melakukan pendekatan, namun yang bersangkutan enggan untuk ikut. Alhamdulilah, Senin (Kemarin, red) ) Dinsos bersama RS Kotamobagu dan Sat Pol PP turun membujuk sekaligus membawah Mbah memeriksakan kesehatan, dan mandi,” kata Suhartien.

Setibanya di rumah sakit, mbah langsung mendapat perawatan. Tak hanya itu, pihaknya memberikan berbagai keperluan mbah. Pihaknya pun, akan terus melakukan pemantauan terkait kondisi kesehatan mbah, dan juga telah merencanakan untuk mencari tempat tinggal pria lansia tersebut.

“Saat inikan Mbah minta kembali ke tempat tinggalnya di emperan ruko srikandi, jadi kita biarkan dulu. Selanjutnya kami rencana membujuk mbah agar bisa di bawah ke panti jompo. Tapi, melihat kondisi saat ini mbah yang agak susah di ajak, kami akan melakukan pengawasan duu,”ujar mama Dinda sapaan akrab Suhartien Tegela.

Humas Rumah Sakit Umum Derah  Kotamobagu, Gunawan Ijom mengatakan bahwa pihaknya sudah berupaya menahan mbah untuk tetap tinggal. Akan tetapi, yang bersangkutan bersikeras ingin kembali ke tempat dimana ia tinggal (Emeperan toko). “Kami berikan akomodasi, pengangkutan dari terminal sampai ke RSUD, selanjut kesehatan yang bersangkutan diperiksa. Tapi ada beberapa pemeriksaan yang ditolak oleh Mba Mijan, semua fasilitas yang diberikan gratis. setelah itu yang bersangkutan meminta untuk dipulangkan kembali ke terminal serasi,”aku Ijom.

Lebih lanjut, Ijom menambahkan. Pihaknya terpaksa mengikuti keinginan Mba Mijan, karena yang bersangkutan mengancam akan bunuh diri bila tak di pulangkan “Yang bersangkutan mengancam akan bunuh diri, sehingga kita turuti keinginannya. Namun, kami menyampaikan pada Mbah sesekali akan ada petugas kesehatan yang akan mengunjunginya,” ujarnya.

Sekadar informasih, Dinas Sosial Kotamobagu memberikan sejumlah bantuan, diantaranya pakaian, sabun mandi, selimut, bantal, matras, dan sprei.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.