Ini 6 Tempat Wisata Alam Favorit di Jambi

0
908
wisata

TNews, Jambi – Baru-baru ini, Jambi mendapatkan juara umum di Anugerah Pesona Indonesia. Tak salah kalau Jambi jadi destinasi favorit wisatawan karena pesona alamnya memang tak diragukan lagi. Apa saja tempat wisata alam yang ada di Jambi?

1. Gunung KerinciTerkenal akan keeksotisannya, Gunung Kerinci di Jambi memiliki magnet tersendiri bagi wisatawan. Menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia, traveler harus berhati-hati mengingat gunung kerinci baru saja mengalami erupsi beberapa bulan lalu.

Untuk mendaki gunung Kerinci harus menyiapkan fisik dan mental. Jalurnya lumayan panjang dan hutannya masih lebat. Tetapi segala kelelahan akan terbayarkan setelah sampai di puncak Gunung Kerinci dengan ketinggian 3805 MDPL ini.
Jadi, kalau traveler berniat ke Gunung Kerinci, persiapkan segala keperluan sebelum berangkat. Jangan lupa bawa logistik yang cukup ya traveler.

2. Danau Gunung Tujuh

Berada di ketinggian 1950 m di atas permukaan laut menjadikan tempat ini sebagai danau air tawar tertinggi di Asia tenggara. Danau air tawar ini terbentuk akibat letusan Gunung Tujuh yang membentuk kawah yang menjadi penampung air hujan, lama kelamaan kawah ini menjadi danau. Danau Gunung Tujuh berada di kawasan Gunung Tujuh, yaitu sebuah gunung yang ada di belakang gunung Kerinci

Berlokasi di Gunung Tujuh, Desa Pelompek, Kabupaten Kerinci, danau ini termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci seblat yang merupakan situs warisan dunia, UNESCO. Danau Gunung Tujuh memiliki luas 960 hektar, panjang 4,5 km dan lebar 3 km dan dikelilingi 7 gunung. Jangan ditanya, danau ini punya panorama alam yang menakjubkan

Air yang jernih memperlihatkan ikan-ikan di danau ini. Karena berada di ketinggian hampir 2 km di atas permukaan laut, airnya akan sangat dingin di pagi hari. Hawanya pun sejuk.

3. Jambi ParadiseDestinasi Jambi ini cocok untuk traveler yang mau liburan bersama keluarga. Mulai dari bermain perahu, flying fox, memberi makan ikan di danau sampai bermain petak umpet di labirin.

Luasnya sekitar 4 hektar dengan bentangan danau buatan yang hampir melingkari kawasan, membuat pengunjung tertarik menaiki sepeda santai untuk menikmati keindahan alamnya. Memasuki kawasan Jambi Paradise, ada spot instagramable.

Terdapat lorong kurang lebih sepanjang 30 meter yang dihiasi tumbuhan merambat dengan sambutan dari suara burung yang berkicau. Ada juga untaian bambu di sisi kanan dan kiri lorong, memberikan kesejukan saat duduk di bawahnya.

Selain lorong, ada Garden By the Bay yang punya bunga besi raksasa berwarna merah jambu yang memiliki nuansa romantis dan kekinian. Banyak yang melakukan foto pre-wedding di sini lho.

4. Candi Muaro JambiMenurut sejarah, Candi Muaro Jambi merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Komplek Candi Muaro Jambi adalah situs sejarah yang terdapat di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Di dalam komplek Candi Muaro ada beberapa situs candi yang bisa kita lihat. Ada Candi Astono, Candi Tinggi, Candi Tinggi Satu, Candi Koto Mahligai, Candi Kembar Batu, Candi Gedong Satu, Candi Gedong Dua, Candi Kedaton dan Candi Gumpung.

Luas komplek candi sekitar 3.981 hektar, terbentang searah dengan jalur sungai Batanghari. Nah, komplek Muaro Jambi merupakan kawasan candi terluas di Indonesia.

5. Danau KacoDanau Kaco memiliki air yang berwarna biru dan jernih, tampak transparan seperti kaca, sesuai dengan namanya. Sekeliling danau ditumbuhi tanaman yang rimbun dan melingkar di pinggir danau.

Lokasinya terletak pada satu kawasan Taman Nasional Kerinci Sebat, Desa lembur, Kecamatan Gunung Raya. Keunikan danau ini tidak hanya karena airnya yang sebening kaca, kabarnya di kala malam, Danau Kaco memancarkan cahaya yang terang.

Di Danau Kaco, traveler bisa kemping, foto-foto, hingga berenang. Namun traveler harus hati-hati, karena kedalaman danaunya belum diketahui secara pasti.

6. Bukit ImpianMasih terletak di Kerinci, bukit impian tawarkan keindahan alam yang memanjakan mata. Di sini tempatnya instagramable, jadi jangan lupa bawa kamera ya traveler.

Dari atas bukit impian, traveler bisa melihat panorama keindahan kerinci dengan landscape yang luas. Yang perlu diingat, traveler harus hati-hati saat berada di bukit ini karena datarannya sangat tinggi,

Jadi, selain melepas penat dengan menikmati keindahan alam di atas Bukit Impian, traveler juga bisa berfoto-foto karena viewnya keren banget.

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.