Bawaslu Minut Bekali Panwascam Terkait Penyelesaian Sengketa Pilkada

0
65

TNews, Minut – Memantapkan pemahaman dan kinerja Panitia Pengawas Kecaatan (Panwascam), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Minahasa Utara (Minut), Senin (24/02/2020) di Sutan Raja Hotel Kalawat, Minut, melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), terkait Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah Minut 2020, Panwascam di 10 kecamatan.

Dalam pemaparannya, Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy menekankan kinerja Panwascam yang professional dan bertanggung jawab, sehingga dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan sebagai pengawas penyelenggaraan Pilkada Bupati/Wakil Bupati maupun Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur yang dilaksanakan secara serentak.

“Sebagai penyelenggara yang bertugas untuk malaksanakan pengawasan dalam Pilkada, seharusnya kita lebih memahami setiap instrumen pengawasan dan pencegahan sengketa pemilihan, serta regulasi yang mengatur melebihi peserta Pilkada,” tegas Awuy dalam pembukaan Bimtek.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Minut divisi Hukum dan penyelesaian sengketa Rocky Ambar, SH menyampaikan, materi yang diterima oleh Panwascam, sangat berguna dalam menghadapi situasi kerja dilapangan, ketika melaksanakan pengawasan, terutama menginventarisir kemungkinan terjadi sengketa, serta faktor penyebab munculnya sengketa dalam Pilkada.

“Sebagai pengawas Pemilu itu tidak mudah, tetapi dengan semangat dalam mekasanakan tugas secara bersama-sama, saya yakin semua bisa kita kerjakan dan pasti berhasil. Semoga materi yang diterima dapat menjadi gizi bagi tugas Panwascam selanjutnya,” ujar Ambar. (PCV)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.