Viral! Maling Konter HP Ketiduran di Atap, Ini Penyebabnya

0
111

TNews, SEHAT – Sebuah video maling ketiduran di atas genting yang terjadi di Banyuwangi viral di media sosial. Kepada polisi, pelaku pencurian, Arief Hermawan (27) mengaku mengantuk setelah mengambil barang di konter tersebut.

Arief mengaku mengantuk saat akan kabur melalui atap konter tempat dirinya mencuri. Lalu saat akan keluar melalui atap genting, ia berniat istirahat dan tertidur di atap.

Keesokan harinya pemilik membuka konter dan ketahuan ada maling yang ketiduran di atap.

  1. Apa penyebab seseorang gampang sekali tertidur?

Dikutip dari Healthline, mudah mengantuk dan jatuh tertidur bisa menandakan narkolepsi, yakni kondisi neurologis kronis yang ditandai dengan rasa kantuk berlebihan. Biasanya rasa kantuk sering muncul di siang hari, tetapi terkadang urgensi untuk tidur bisa terjadi sangat besar atau disebut serangan tidur.

  1. Apa ciri-ciri narkolepsi?

Berikut ciri-ciri seseorang memiliki narkolepsi.

  • Halusinasi setelah tertidur (halusinasi hipnogogik)
  • Merasa lumpuh sesaat dalam tidur (sleep paralysis)
  • Merasa terganggu saat tidur malam
  • Serangan tiba-tiba kelemahan otot di siang hari (cataplexy).
  1. Apa saja jenis-kenis narkolepsi?

Cataplexy adalah gejala yang paling tidak umum, dan banyak orang dengan narkolepsi tidak pernah mengalaminya. Narkolepsi dengan cataplexy disebut narkolepsi tipe 1, sedangkan narkolepsi tanpa cataplexy disebut narkolepsi tipe 2.

Narkolepsi tipe 1 diperkirakan dipicu oleh hilangnya hipokretin di otak. Hypocretin, juga dikenal sebagai orexin, adalah zat kimia otak yang terjadi secara alami yang penting untuk terjaga, pengaturan tidur REM, makan, dan fungsi lainnya.

Para peneliti sedang mengeksplorasi faktor genetik, infeksi, trauma, dan autoimunitas sebagai kemungkinan penyebab yang mendasari. Saat ini penyebab narkolepsi tipe 2 tidak diketahui.

  1. Kapan serangan tidur bisa terjadi?

Perasaan kantuk yang berlebihan cenderung sering terjadi dalam situasi monoton yang membosankan, tetapi bisa terjadi secara tiba-tiba dan tanpa peringatan.

Seseorang mungkin bisa tertidur dalam percakapan, di meja kerja, atau bahkan saat mengemudi. Namun seseorang juga bisa tertidur selama beberapa detik (tidur mikro) atau beberapa menit, tetapi sering merasa segar (setidaknya untuk sementara) setelah tidur siang singkat. Hal ini terjadi lebih sering saat kurang tidur atau saat pengobatan yang tidak dioptimalkan.

Pada cataplexy, ini dapat dipicu oleh tawa, kejutan, atau emosi kuat lainnya dan biasanya hanya berlangsung beberapa saat.

  1. Harus tidur berapa lama agar tidak terserang narkolepsi?

National Sleep Foundation merekomendasikan 7 hingga 9 jam tidur malam untuk orang dewasa dan 8 hingga 10 jam tidur malam untuk remaja.

Selain jumlah tidur malam yang disarankan, banyak ahli menyarankan tidur siang singkat selama 15 hingga 20 menit bagi mereka yang menderita narkolepsi. Tidur siang harus diatur waktunya secara strategis saat Anda sedang mengantuk. Tidur siang dapat membantu meminimalkan serangan tidur.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.