Kadinkes: 3.120 Dosis Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Tiba di Touna dengan Pengawalan Ketat

0
55
Jafanet Alfari

TNews, Ampana – Dalam rangka mencegah Penyebaran Virus Corona 19 di Indonesia Pemerintah Pusat mulai membagikan Vaksin C19 Sinovac hampir keseluruh Daerah termasuk Kabupaten Tojo Unauna Provinsi Sulawesi Tengah.”Dimana untuk tahap pertama Kabupaten Tojo Una Una mendapat jatah Vaksin Covid-19 merek Sinovac sebanyak 3.120 dosis,jelas Kadinkes Touna Jafanet Alfari ,Selasa  2/2/21.

“Jafanet menjelaskan, saat ini vaksin Covid-19 ,kemarin dalam perjalanan dari Palu menuju dan telah tiba Kabupaten Touna hari ini Selasa 2/2 dan dibawa pengawalan ketat  oleh petugas kesehatan dan anggota Polri hingga tiba di Touna.

Dia mengatakan, untuk tahap awal, vaksinasi Covid-19 akan dilakukan terhadap 1.000 lebih tenaga kesehatan (Nakes)  yang ada di daerah ini yang tersebar di puluhan puskesmas, puskesmas pembantu, rumah sakit dan di dinas kesehatan di Touna.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan pencanangan vaksinasi yang diawali dengan pemberian vaksinasi kepada pejabat utama yang ada di daerah ini, seperti Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Ketua DPRD dan kemudian vaksinasi terhadap seribuan lebih nakes di daerah ini,” jelasnya.

Dia menambahkan, pemberian vaksinasi Covid-19 terhadap seseorang dilakukan secara ketat melalui pencatatan, scranning kesehatan dan pemberian vaksinasi.

Untuk vaksinasi Covid-19 kata Kadis, garda terdepan penanganan pandemi yaitu tenaga kesehatan menjadi prioritas utama penerima vaksin.

“Vaksin Covid-19 ini juga diberikan pada mereka yang berusia di atas 18 tahun,” paparnya.

Sebagaimana diketahui  jadwal vaksinasi dilakukan 4 tahap dengan sasaran yakni Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 1 adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 2 adalah Petugas pelayanan publik, yaitu TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat, Kelompok usia lanjut (diatas 60 tahun).

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 3 adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Sasaran vaksinasi tahap 4 adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin,tandasnya.

 

Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.