Keindahan Pulau Cinta Gorontalo Dengan Rasa Maldives

0
763

TNews, WISATA – Pulau Cinta yang memiliki pesona luar biasa romantis ini terletak di Gorontalo, Sulawesi. Hal menonjol dari pulau ini dibandingkan pulau kecil lain adalah bentuknya. Pulau Cinta ini punya bentuk yang unik yaitu berbentuk love. Selain memiliki bentuk unik, ternyata pantai di sekeliling pun sangat indah nan eksotis. Dengan kondisi ini tak heran bila pulau tersebut dijuluki Maldives island Indonesia.

Pada masa penjajahan dulu, Pulau yang kaya akan rempah-rempahnya ini dulu sering dilalui rute perdagangan Belanda. Jadi jangan heran kalau saat berkunjung kesini akan bisa menemukan sisa-sisa peninggalan sejarah. Berkunjung kesini, banyak hal dan wawasan menyegarkan yang bisa kamu dapatkan.

  • Sejarah Pulau Cinta Gorontalo

menurut legenda menjadi lokasi pertemuan rahasia pangeran dari Gorontalo dengan putri saudagar dari Belanda. Saat itu adalah masa peperangan, dan kedua insan dari pihak yang bertikai menyatu dan melupakan sejenak posisi mereka yang berseberangan. Saat malam hari bertabur bintang, mereka menikmati secret escape, to embrace the love. Bentuk dan legenda menunjukkan dengan jelas mengapa pulau ini disebut Pulo (pulau) Cinta. Kini di sana berdiri resort dengan bentuk yang serupa: hati.

Pulau cinta awalnya merupakan pulau tak berpenghuni. Namun karena menyadari potensi besarnya, Dinas Pariwisata Gorontalo mengembangkan pulau cinta menjadi objek wisata. Lokasi ini dilengkapi dengan Eco Resort yang terdiri atas 15 Cottage. Setiap cottage berada di air dan dihubungkan oleh jembatan kayu yang posisinya berbentuk hati mengelilingi pulau cinta.

  • Lokasi Pulau Cinta Gorontalo

Lokasi wisata ini terletak di kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Gorontalo sering juga disebut sebagai Kota hulontalo. Sering juga kota ini dijuluki sebagai Kota serambi Madinah. Turis yang datang ke tempat ini tidak hanya lokal namun juga turis mancanegara. Keunikan utama Pulau ini terletak kepada infrastruktur yang dibangun. Rangkaian cottage yang dilihat dari bentuknya berupa rangkaian yang mengelilingi pulau dengan membentuk simbol love. Saat dilihat dari atas, nampak sangat cantik bagaikan Surga Cinta. Sehingga wajar jika tempat ini diidentikan sebagai lokasi wisata bulan madu bagi pasangan yang baru menikah.

  • Rute Menuju Pulau Cinta Gorontalo

Untuk pengunjung yang berniat untuk berkunjung ke Pulau Cinta, dapat membeli tiket pesawat dengan tujuan bandara Jalaluddin, Gorontalo. Setibanya di bandara, kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur darat dengan menggunakan mobil. Perjalanan darat menuju Boalemo ini akan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Dalam hal ini, pengunjung dapat lebih berhemat jika memesan penginapan terlebih dahulu sebelum tiba di Pulau Cinta. Wisatawan yang sudah memesan kamar terlebih dahulu biasanya akan mendapat tumpangan gratis sampai ke Kabupaten Boalemo. Sesampainya di Kabupaten Boalemo, pengunjung dapat menyebrangi laut dengan menggunakan kapal menuju resort pulau cinta. Pelayaran menuju Pulau Cinta ini memakan waktu 25 menit.

  • Harga Tiket Pulau Cinta Grontalo

Untuk bisa menginap di Penginapan di pulau cinta gorontalo, pengunjung harus membayar sejumlah Rp. 3.000.000,- s,d Rp 5.000.000,- per hari. Dealam harga yang dibayarkan itu sudah termasuk fasilitas makan 3 kali dan biaya transportasi daripelabuhan Tilamuta.

  • Fasilitas Pulau Cinta

Fasilitas utama yang ada di pulau cinta adalah Eco Resort dengan 15 cottage yang mengelilingi pulau cinta. Eco Resort ini adalah satu-satunya Resort di pulau cinta. Terdapat tiga varian cottage yang semuanya terbuat dari kayu dan beratapkan jerami. Varian cottage itu meliputi kota jenis. Jenis pertama dengan luas 92 M2 terdiri dari 1 kamar tidur. Jenis kedua dengan luas 156 M2 terdiri dari 2 kamar tidur. Sedangkan jenis cottage ketiga dengan luas 212 M2 terdiri dari 3 kamar tidur. Masing-masing cottage dilengkapi dengan teras, dan ruang keluarga.

Aktifitas Menarik di Pulau Cinta Gorontalo

  1. Trekking Atau Jelajah Hutan

Tepat di bagian seberang dari Pulau Cinta terdapat area hutan rindang. Area hutan tersebut bisa dimanfaatkan untuk aktivitas treking atau jelajah hutan. Untuk pengunjung yang menyukai aktifitas alam, aktifitas trekking ini bisa nih jadi pilihan. Pengunjungjuga bisa sekaligus eklporasi hutannya yang begitu lebat dan rindang. Selain itu, pengunjung juga akan disambut dengan keramahan penduduk setempat.

  1. Menyusuri Keidahanan Pulau Cinta

Aktifitas menyenangkan selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu menyusuri keidahanan yang dimiliki Pulau Cinta dan sekitarnya. Penyusurand apat dilakukand engan perahu dayung kecil. Dengan perahu tersebut, pengunjung bisa lebih leluasa menikmati pemandangan sekitar. Beberapa objek yang bsia dijelajah adalah: pemandangan di Pulau berpasir Gulf of Tomini, pemandangan eksotis di Pulau Bajo, pemandangan cantik di Pulau Lito Mohupombo Kiki, dan keindahan-keindahan lainnya yang mengelilingi Pulau Cinta. Untuk bisa menikmati keindahan sekitar pulau dengan mengguankan perahu ini, pengunjung hanya membutuhkan waktu hanya satu jam saja.

  1. Snorkeling Dan Diving

Setiap orang yang berkunjung ke pantai, biasanya akan selalu menantikan aktivitas satu ini. Aktivitas wajib snorkeling dan diving memungkinkan Anda untuk melihat keindahan bawah laut yang ada disekitaran Pulau Cinta. Untuk melakukan snorkeling dan diving, Anda bisa datang ke Teluk Tomini. Bagi Anda yang takut untuk menyelam, Anda juga tidak perlu khawatir karena di tempat ini hanya dengan menyelam 2-3 meter saja sudah cukup untuk menikmati keindahan biota laut yang ada.

  1. Hunting Foto Indah

Setiap kali berlibur, tentunya aktivitas berfoto menjadi sesuatu yang tidak boleh terlewatkan. Banyak sekali tempat-tempat menarik dan sangat indah yang dapat dipilih untuk menjadi bagian dari background foto selama berada di sini. Apalagi jika berkunjung bersama pasangan, menciptakan kenangan indah melalui foto yang diambil di Pulau Cinta pastinya akan sangat tidak terlupakan.

Berfoto bukan hanya sekedar untuk ajang pamer di media sosial, tapi lebih ke mengabadikan moment-moment berharga yang barangkali hanya sekali seumur hidup. Foto adalah media untuk mengabadikan atau mendokumentasikan perjalanan, kenangan, dan hal-hal lainnya yang tidak mungkin bisa kembali terulang.

  1. Bermainan Ayunan

Belakangan ayunan menjadi trend disetiap destinasi wisata khususnya pantai. Di Pulo Conta Eco Resort terdapat 2 ayunan yang kece yang pastinya ga bakal jadi rebutan dengan tamu yang lain

  1. Stargazing Night Di Pulo Cinta

Menyaksikan cahaya langit tanpa diganggu oleh pencemaran cahaya, adalah hal yang tidak telrupakan. Saat di kota kita tidak akan bsia menikmati cahaya langit dnegan penuh, karena tertutup oleh polusi optik dari lampu jalan, lampu rumahd an lampuitetanga. Namun di lokasi ini, dengan polusi optik yang sangat rendah, menyaksikan taburan bintang saat malam hari terasa sangat luar biasa.

Di tempat wisata Pulo Cinta Gorontalo, pengunjung bisa banget menyaksikan indahnya langit malam di pulau ini dengan hamparan bintang yang menyinari langit. Momen Pulo Cinta romantis satu ini memang cocok banget buat pengunjung yang datang bersama pasangan. Karena akan menambah kesan liburan romantis antara pasangan.

  1. Diner Romantis Tepi Pantai

Selain momem romantis stargazing di tempat wisata Pulo Cinta Gorontalo, pengunjung juga bisa merasakan momen romantis lainnya di Pulo Cinta. Salah satunya adalah dengan momen diner bersama dengan pasangan di sekitar pulau. Pasangan bulan madu bisa merasakan candle light dinner yang super romantis ditemani dengan tenangnya air laut dan semilir angin yang membuat suasana semakin romantis

Objek Wisata Dekat Pulau Cinta

Objek wisata di gorontalo bukan hanya pulau cinta ini saja. Ada beberap aobjek lain yang tidka kalah menariknya. beberapa diantaranya:

Pantai Bolihutuo yang terletak di Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Pantai ini belum banyak dikenal karena letaknya yang tersembunyi. Maka tidak heran ya kalau pantai ini masuk dalam daftar tempat wisata hidden spot yang ada di Indonesia. Teluk Tomini. Teluk ini sudah sangat populer di mata dunia. Sangkin populernya, Menteri Kelautan dan Perikanan pernah mengadakan acara nasional di lokasi ini.

Taman laut atau marine park Olele menjadi spot terfavorit bagi para penyelam profesional. Tempat ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang sungguh menakjubkan, ditambah terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik. Untuk fasilitas penginapan, gorontalo juga memiliki banyak pilihan hotel. Hotel hotel di gorontalo kualitasnya juga relatif bagus.

 

Sumber : nativeindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.