APBD 2022 Disahkan DPRD Minut Dalam Rapat Paripurna

0
53

TNews, Minut – Dalam rapat paripurna DPRD Minahasa Utara, Senin (29/11/2021) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022 dengan total sebesar Rp. 933 Milyar, secara resmi disahkan.

Dalam pengesahan APBD 2022 ini, dihadiri lengkap tiga pimpinan DPRD yakni ketua Denny Kamlon Lolong (DKL) serta Daniel M Rumumpe dan Olivia Mantiri sebagai wakil ketua.

Dalam agenda rapat tersebut, seluruh fraksi menyepakati Rancangan Peraturan Daerah (Ramperda) APBD 2022 untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda).

“Perda tentang APBD 2022 kemudian akan dilakukan evaluasi di tingkat Provinsi dan semoga sesuai dengan target kita bersama dalam pembasan APBD induk 2022,” ujar Lolong.

Bupati Minut Joune Ganda mengaku sangat bersyukur dengan pengesahan ini. Ganda juga memberikan apresiasi yang sangat positif untuk sinergitas serta kinerja yang baik, antara legislatif dan eksekutif sehingga dapat menyelesaikan pembahasan APBD 2022 lebih awal dari waktu yang ditentukan, tanpa melangkahi tahapan-tahapan pembahasan.

“Bentuk sinergitas dan kinerja yang maksimal, sehingga APBD yang merupakan instrumen penting bagi jalannya pemerintahan di kabupaten Minahasa Utara dapat disahkan lebih awal. Tim Anggaran dan Badan Anggaran sudah membuktikan kemampuan yang luar biasa dan ini harus kita syukuri bersama,” tegas Joune Ganda.

Selanjutnya Joune Ganda mengatakan selaku pihak eksekutif, JGKWL akan memperbaiki lagi kinerja aparatur pemerintahan di Minut sehingga tahun 2022 akan semakin baik lagi pengelolahan keuangan serta pelayanan kepada masyarakat. Kemudian kata bupati, dirinya sangat menyadari ketika anggaran belanja tahun 2022 tidak mampu mengakomodir keinginan masyarakat Minut secara keseluruhan. Namun untuk dieliminasinya Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 30 Milyar dari pemerintah pusat pada tahun 2021, yang disebabkan pengelolaan keuangan yang mendapat catatan merah BPK RI, sehingga pengelolahan keuangan di Minut akhirnya berpredikat Tidak Wajar (TW).

Rapat paripurna yang tetap disiplin dalam menerapkan Prokes Covid-19 ini, diikuti secara Virtual Wakil Bupati Kevin William Lotulung, Forkopimda serta pejabat teras Pemkab Minahasa Utara. (Meiyer)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.