Badan Riset dan Inovasi Nasional Kunker ke Kukar, Ini yang Dibahas

0
24
Kunjungan Badan Riset Nasional ke Pemkab Kukar

TNew, Kukar – Dr Yopi selaku Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN Badan Riset dan Inovasi Nasional didampingi Sekretaris Deputi Riset dan Inovasi Daerah BRIN Dr. Wiwiek Joelijani beserta staf melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kantor Bupati Kukar Rabu (18/10/23.

Setibanya di sana, rombongan disambut oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Maman Setyawan beserta jajaran dan Kepala Perangkat daerah terkait.

Di sela kunjungan kerja ( kunker) Dr Yopi mengapresiasi Pemkab Kukar atas pembentukan BRIDA, yang sebelumnya merupakan Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar.

Hal tersebut merupakan upaya mendukung kinerja BRIDA dalam rangka memperkuat Tusi tujuan dan fungsi Brida guna pengembangan riset dan inovasi daerah dan koordinasi penyusunan rencana induk dan peta jalan kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

Lebih lanjut diterangkannya, Kunker yang dilakukan pihaknya untuk penguatan fungsi bidang BRIDA. Sesuai ketentuan yang ada yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 7 Tahun 2023 Tentang Pedoman, Pembentukan dan Nomenklatur Badan Riset dan Inovasi Daerah dan Peraturan BRIN Nomor 5 Tahun 2023 Tentang Tata Kelola Riset dan Inovasi di Daerah, serta Perpres 78 Tahun 2021 mengenai tugas dan fungsi Brida.

Meski begitu, Dr Yopi mengingatkan
agar kegiatan BRIDA sinkron dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional – Daerah (RPJMN/D) tingkat Provinsi-Kabupaten, kemudian susun dokumen jangka menengah dan jangka panjang.

Hal tersebut, kata dia, karena OPD membutuhkan data dukung untuk memperkuat perencanaan kegiatan. “Jadi, BRIDA bergerak mem-backup perencanaan jangka panjang,”ujarnya.

Ia menambahkan membangun ekosistem riset dan inovasi mulai dari tingkat anak-anak di sekolah-sekolah hingga ke level yang lebih tinggi

“Intinya inovasi secara menyeluruh yang disesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing,”bebernya

Lebih lanjut dikatakannya, BRIN akan mendampingi secara spasial pemetaan ekosistem inovasi termasuk menyusun rencana induk Iptek.

“Indikator apa yang paling penting dimasukkan untuk kemajuan Iptek daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BRIDA Kukar Maman menyambut baik kunjungan BRIN tersebut dan berupaya menjalankan tugas pokok dan fungsi BRIDA Kukar sesuai ketentuan yang ada, termasuk menjalankan apa yang disampaikan oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN tersebut. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.