Begini Catatan Penting Bawaslu Bolmong Selama Tahapan Coklit Pilkada 2024

0
19

ADVERTORIAL, BAWASLU BOLMONG – Dalam rangka memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar dan sesuai prosedur, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow telah menjalankan pengawasan ketat terhadap proses pencocokan dan penelitian (Coklit) yang berlangsung dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024. Proses ini krusial untuk memastikan bahwa data pemilih akurat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pengawasan Melekat dan Uji Petik

Metode pengawasan yang diterapkan Bawaslu Bolmong termasuk pengawasan melekat dan uji petik. Melalui pendekatan ini, pengawas secara langsung mendatangi kepala keluarga (KK) secara door to door, dengan total 51.543 KK tersebar di 419 TPS. Hasil pengawasan ini menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar KK telah dicoklit dan ditempeli stiker, terdapat beberapa kasus di mana stiker belum ditempelkan. Langkah tindak lanjut langsung dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan untuk memastikan kepatuhan terhadap prosedur.

Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih

Untuk menjamin hak pilih terutama bagi pemilih rentan dan di wilayah rawan, Bawaslu Bolmong juga mengadakan patroli pengawasan. Patroli ini menyasar wilayah perbatasan serta pemilih yang berada di daerah rawan konflik. Selain itu, Bawaslu mendirikan Posko Kawal Hak Pilih di berbagai titik, termasuk di kantor, media sosial, dan Posko Pengaduan Keliling.

Pencegahan Dini dan Sosialisasi

Sebagai bagian dari upaya pencegahan pelanggaran, Bawaslu mengeluarkan imbauan dan sosialisasi di berbagai tingkatan, dari pusat hingga kabupaten/kota. Sosialisasi dilakukan melalui media sosial, tatap muka, flyer, serta kerja sama dengan KPU dan stakeholder kepemiluan lainnya. Dengan total 2.083 imbauan yang disampaikan, Bawaslu Bolmong secara proaktif berupaya mencegah pelanggaran sebelum terjadi.

Hasil Pengawasan terhadap Kejadian Khusus

Selama proses Coklit, Bawaslu Bolmong juga menemukan beberapa kejadian khusus yang memerlukan tindak lanjut, seperti pemilih yang memiliki data ganda, pemilih di bawah umur, serta pemilih yang tidak dikenal. Setiap kasus ini ditangani dengan saran perbaikan yang ditindaklanjuti oleh PPK setempat.

Koordinasi dan Evaluasi

Bawaslu Bolmong tidak hanya fokus pada pengawasan, tetapi juga pada koordinasi dan evaluasi. Dalam menghadapi potensi kerawanan, Bawaslu berkoordinasi dengan KPU dan stakeholder lainnya untuk mitigasi. Evaluasi penyelenggaraan pengawasan juga dilakukan secara berkala di masing-masing Panwas Kecamatan.

Imbauan kepada Masyarakat

Untuk mendukung kelancaran proses Pemilu, Bawaslu Bolmong mengimbau seluruh masyarakat untuk aktif mengecek nama dan data diri mereka dalam daftar pemilih. Jika ada yang belum dicoklit, masyarakat diminta segera melapor ke Posko Kawal Hak Pilih yang telah disediakan.

Dengan berbagai langkah proaktif dan preventif ini, Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow berkomitmen untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan transparan, adil, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selama pengawasan Sub Tahapan Pencocokan dan Penelitian Daftar Pemilih Jajaran Pengawas Pemilihan Bawaslu Blmong mengeluarkan
saran perbaikan di masing– masing tingkatan sebagai berikut :

Peliput : Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.