Bersama BNN, Yanny Canangkan Bolaang Satu Desa Bersih Narkoba

0
108

ADVETORIAL, BOLMONG — Mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi mencanangkan Desa Bolaang Satu, Kecamatan Bolaang Timur sebagai Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar), Rabu (04/11/2020).

Kegiatan yang digelar di Lapangan Olahraga Desa Bolaang Satu tersebut, dihadiri langsung Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk, Kepala BNN Sulut Brigjer Jefry Lasut, Kepala BNN Bolmong AKBP Yuli Setiawan, Asisten I Deker Rompas, Kepala SKPD, Camat, Sangadi serta masyarakat.

Kepala BNN Yuli Setiawan mengatakan, pihaknya akan menjadikan desa sebagai garda terdepan untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari penyalahgunaan narkoba. “Desa memiliki daya tangkal terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, juga merupakan garda untuk mencegah masuknya narkoba dari luar daerah,” ungkapnya.

Kegiatan pencanangan Desa Bersinar ini kata dia, dilaksanakan dalam rangka menyikapi perkembangan ancaman narkoba yang sangat dekat dan nyata, serta datangnya yang begitu kompleks serta mengancam eksistensi kedaulatan bangsa Indonesia. “Sangat dibutuhkan peran Kepala Desa dan masyarakat, agar tercipta lingkungan yang bersih dari peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba,” harap Setiawan.

Sementara itu, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya menyampaikan, pihak pemkab sangat menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Terimakasih kepada BNN Bolmong dan Pemdes Bolaang Satu, kegiatan ini sangat penting dalam rangka menyikapi perkembangan ancaman narkoba yang sangat meningkat dan nyata serta dampaknya begitu kompleks,” kata Yanny.

Penyalahgunaan narkoba merupakan kejahatan luar biasa yang mengancam dunia, dan dapat digunakan sebagai salah satu senjata untuk melumpuhkan suatu bangsa. Kejahatan seperti ini harus diberantas dan ditangani secara komprehensif dan menyeluruh. Karena, penyalahgunaan dan peredaran narkoba tidak melihat orang dewasa, anak-anak khususnya anak sekolah saja, tapi peredaran narkoba menyasar kaum milenial. “Pemberantasan peredaran narkoba tidak bisa hanya mengandalkan kepada pemerintah dan instansi terkait saja, akan tetapi menjadi tugas kita semua, baik penegakan hukum sampai ke tingkat masyarakat Desa dan Kelurahan,” tutur Wabup dua periode itu.

Dia berharap, semoga Desa Bolaang Satu menjadi Desa percontohan bagi Desa-desa lainnya di kabupaten Bolaang Mongondow dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. “Saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat, serius menyatakan perang terhadap narkoba, jangan takut menginformasikan jika terdapat peredaran penyalahgunaan narkoba di sekitar kita,” tutupnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.