Bersama Bupati Yasti, Wagub Steven Pantau Kondisi Pasca Bencana Banjir di Kecamatan Sangtombolang

0
109

ADVETORIAL, BOLMONG — Becana banjir bandang yang melanda masyarakat Desa Domisil, Desa Pangi Timur dan Pangi, Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), tak lepas dari perhatian pemerintah.

Buktinya, Sabtu (07/03/2020), Bupati Kabupaten Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow mendampingi langsung kujungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) bersama jajaran yang diwakili Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandow lokasi pasca banjir bandang.

Dalam kunjungan tersebut, Wagub, Bupati dan rombongan langsung meninjau lokasi yang terdampak banjir bandang di beberapa titik, diantaranya melihat kondisi sungai dan rumah warga yang rusak akibat amukan banjir bandang.

Usai melihat kondisi pasca banjir bandang di Desa Domisil, Pangi Timur dan Pangi, Wakil Gubernur Steven Kondouw menyampaikan, Pemprov akan secepatnya mengupayakan pemulihan di Tiga Desa tersebut. “Khusus di Tiga Desa ini, pak Gubernur Olly meminta agar rumah yang rusak diganti. Rumah yang rusak berat akan diperbaiki dan rumah yang rusak ringan akan kita rehab,” kata Steven saat di wawancarai awak media.

Selain itu, untuk normalisasi sungai, pihak Pemprov juga telah menyampaikan kepada balai sungai agar dapat melakukan pelebaran dan kedalaman sungai untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi. “Jalur air sungai ini akan ditambah kapasitas besarnya. Baik lebar, tinggi dan dalam. Nanti akan di identifikasi dan di survey dulu, yang jelas pasti penanganannya. Kita akan dorong terus, masyarakat tidak boleh menunggu lama. Karena ini menyangkut keselamatan orang, berbahaya apabila dibiarkan. Hal ini juga merupakan bentuk perhatian pemerintah,” tegas Steven.

Sementara itu, untuk bantuan kebutuhan pokok dari warga yang terdampak banjir, Pemprov juga  menjamin ketersedian, mulai dari makanan, minuman dan tempat tidur. “Untuk langkah pertama yang terpenting adalah memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Pastikan tempat mereka berteduh ada, serta kebutuhan dasarnya, seperti makanan, minuman dan pakaian,” beber Kandow.

Usai meninjau lokasi bencana, Wagub Steven didampingi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, menuju ke posko komando Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, untuk menyerahkan paket bantuan berupa, 45 kasur tebal, 100 selimut, 100 handuk, 34 kompor gas serta dua karton tabung kecil cadangan serta bantuan bahan pokok.

Bupati Yasti Mokoagow dalam kesempatan itu menyampaikan, pihak Pemkab sangat berterima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut atas bantuan dan perhatiannya. “Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolmong, menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas bantuan yang sudah di berikan Pemprov Sulut. Bantuan ini akan kami salurkan langsung ke warga yang terdampak banjir,” tutur Yasti.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.