BPBD Kukar Terapkan Sistem Kontak Darurat untuk Penanggulangan Bencana

0
27

TNews,Kukar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengambil inisiatif baru dalam upaya meningkatkan respons terhadap peristiwa atau kejadian bencana di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sekretaris BPBD Kukar Edy Mardian menyatakan bahwa BPBD Kukar telah mempublikasikan sepuluh nomor kontak darurat yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan peristiwa bencana. Meskipun sebenarnya terdapat penghubung di setiap Kecamatan, masyarakat sekarang dapat menghubungi salah satu dari sepuluh nomor yang telah disediakan.

Edy menjelaskan bahwa setiap laporan bencana yang diterima melalui nomor-nomor tersebut akan segera mendapatkan respons.

“Kami akan segera melakukan pemeriksaan lokasi kejadian. Kami akan melakukan cross check dengan Kecamatan terkait, dan dalam waktu 24 jam, tim kami akan sudah berada di lokasi kejadian,” tutur Edy Mardian, Senin (30/10/2023).

Selain BPBD Kukar, Edy juga mengungkapkan bahwa berbagai pihak, termasuk TNI-Polri, Kehutanan, dan instansi terkait lainnya, turut terlibat dalam upaya penanggulangan bencana. Mereka siap bergerak setiap kali terjadi kejadian bencana.

Edy juga menjelaskan tatacara pelaporan yang harus diikuti masyarakat, termasuk memberikan informasi yang jelas seperti nama pelapor, deskripsi singkat kejadian, lokasi yang tepat, dan jika memungkinkan, berbagi lokasi melalui pesan WhatsApp serta menyertakan foto dan informasi identifikasi diri pelapor untuk menghindari penyebaran informasi palsu.

“Meskipun hari libur, BPBD Kukar siap merespons keperluan dan kebutuhan untuk penanggulangan bencana dengan cepat,” sambungnya.

BPBD Kukar berharap mendapatkan dukungan dan respon positif dari masyarakat dan berbagai pihak, karena kerjasama dan dukungan adalah kunci dalam menghadapi tantangan penanggulangan bencana, terutama di wilayah yang luas dengan keterbatasan sumber daya manusia dan peralatan. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.