Bupati Kukar Dorong Pengembangan Kawasan Bumi Perkemahan Kidatin

0
19
Kemah Kebangsaan Generasi Muda Lintas Agama Kukar 2023, di Bumi Perkemahan Kitadin, Desa Kertabuana Kecamatan Tenggarong Seberang, Sabtu (7/10/2023).

Tews, Kukar – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka kegiatan Kemah Kebangsaan Generasi Muda Lintas Agama Kukar 2023, di Bumi Perkemahan Kitadin, Desa Kertabuana Kecamatan Tenggarong Seberang, Sabtu (7/10/2023).

Kegiatan Perkemahan ini kerjasama Kesbangpol Kukar dengan PT Kitadin, Bupati Edi Damansyah mengapresiasi dan Manajemen PT Kitadin.

“Tentunya keberadaan PT Kitadin tidak hanya memberikan kontribusi kepada negara, juga memberikan kontribusi kepada Kukar khususnya Tenggarong Seberang dan sekitarnya,”ujarnya.

Edi juga menyampaikan terima kasih di penghujung perizinan PT Kitadin dalam persiapan rencana penutupan tambang, salah satu donasinya menyediakan ruang untuk kegiatan para pemuda.

“Sebelumnya kawasan ini memang kami usulan sebagai zona kawasan bumi perkemahan Gerakan Pramuka Ranting Kecamatan Tenggarong Seberang,” ucapnya.

Karena Pramuka itu di semua kecamatan menginginkan ada Lokasi Bumi Perkemahan di Kecamatan, pada waktu itu Kwaran Tenggarong Seberang yang aktif. Sehingga Pemkab berkoodinasi dengan manajemen PT Kitadin menyediakan kurang lebih 5 ha didonasikan untuk bumi perkemahan.

“Semoga ini bisa tetap dipertahankan sehingga, donasi ini bukan hanya untuk adek -adek pramuka tapi juga untuk kegiatan – kegiatan lainnya dan kawasan ini nantinya bisa tetap dioptimalkan didalam pemanfaatannya, tentunya aktivitasnya dalam kegiatan,karena ini namanya paska tambang batu bara.Kawasan perkemahan ini sangat luar.biasa, karena tidak dimiliki oleh kecamatan lain,” ujarnya.

Edi Damansyah berharap seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang, utamanya yang terkait dengan keberadaan kawasan perkemahan ini, nantinya bisa bekerja sama dengan pramuka dan akan membuat kawasan ini bukan hanya untuk aktivitas perkemahan seperti ini, tapi ini bisa kita dorong sebagai kawasan tempat pelatihan, kawasan untuk menumbuhkan usaha mikro kecil, terutama peran generasi milenial dan generasi gadget di Kabupaten Kukar khususnya di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Kepala Seksi Tambang PT Kitadin Bonavasius Tetiva mengatakan, lokasi yang dijadikan perkemahan ini adalah lokasi pasca tambang PT Kitadin, dalam penyusunannya Ia berterimakasih atas bantuan dan dukungan dari Pemkab Kukar dan jajaran sehingga bisa menyelesaikan semua penyusunan dokumen dan salah satu yang janjikan adalah bumi perkemahan ini.

“Kami diberi waktu untuk menyelesaikan pasca tambang sampai 2027, waktu yang tidak terlalu panjang, mudah -mudahan kami dapat menyelesaikan sesuai dengan rencana dan tepat waktu,” ucapnya *At (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.