Bupati Minut Joune Ganda Resmi Tambah Gelar Magister Sains

0
43

TNews, Minut Sulawesi Utara – Setelah diperkenankan melanjutkan ke sidang Tesis Strata Dua Universitas Indonesia (UI), Jumat, 23 Desember 2022 silam.


Sabtu (07/01/2023), Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, diperkenankan mengikuti sidang akhir ujian komprehensif tesis di Gedung SKSG dan Sil jalan  Salemba Raya Nomor 4 RW.5, Kenari, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
Di hadapan tim penguji, JG sapaan akrab bupati, berhasil mempertanggung jawabkan hasil Penelitian tesisnya dengan judul Kajian Potensi Kabupaten Minahasa Utara pada Pengembangan dan Pembangunan Kawasan Metropolitan BIMINDO (Bitung, Minahasa & Manado).


Mengawali presentasinya, Bupati Joune Ganda menyampaikan latar belakang dirinya mengangkat tema Pengembangan dan pembangunan Kawasan Metropolitan BIMINDO, karena BIMINDO merupakan barometer pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur.
Kawasan Bimindo sendiri terdiri dari dua kota inti Kota Manado-Bitung serta kawasan penunjang Kota Tomohon Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara direncanakan menjadi  andalan pada  pertumbuhan ekonomi utama yaitu KEK Bitung sebagai pusat kawasan industri, KEK Likupang Minahasa Utara sebagai destinasi pariwisata super prioritas.


Selain itu, kedua kawasan tersebut juga masuk dalam 13 Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (Kapet) Indonesia, 12 berada di kawasan Indonesia Timur, dan salah satunya berada di Sulawesi Utara (Sulut), yakni Kapet Manado Bitung, yang meliputi lima Kabupaten/ Kota yakni, Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kabupaten Minahasa dan Minahasa Utara.
Melalui sidang komprehensif tersebut dijelaskan Joune Ganda bahwa Kabupaten Minahasa Utara memiliki potensi yang berdampak besar pada pengembangan dan pembangunan kawasan Metropolitan BIMINDO, yang dinilai dari perannya sebagai kawasan pendukung, juga terbukti Minahasa Utara merupakan Kabupaten dengan investasi terbesar sehingga determinan bagi kawasan Bimindo.


Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, SE, MAP, M.Si,  usai melaksanakan sidang komprehensif dengan nilai A, menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim pembimbing dan tim penguji atas dukungan, masukan, dan saran sehingga penelitian ini bisa selesai dengan baik.


Sementara itu ketua penguji Dr. Chotib, M.Si. mengapresiasi Bupati Joune Ganda yang mampu melewati proses kuliah hingga saat ini sambil melaksanakan tugas-tugas sebagai pejabat daerah, ketua penguji juga  berharap agar Bupati Joune Ganda dapat melanjutkan ke tahap strata tiga (S3).


Susunan panitia ujian hasil penelitian adalah sebagai berikut:
K1etua Penguji Pembimbing 1 Penguji 1 Penguji 2
Dr. Chotib, M.Si.
Dr. Lin Yola S.T., M.Sc.
Prof. Dr. Ir. Rene Charles Kepel, DEA
Dr. Rudy Parluhutan Tambunan, M.S.


Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono yang juga melaksanakan Ujian S2, Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Utara Ny. Rizya Ganda- Davega, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Ir. Novly G. Wowiling, M.Si serta Kepala Perangkat Daerah se-Kabupaten Minahasa Utara. (Humas Minut/Penyunting Meiyer Tanod).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.