Camat Loa Janan : Penyelesaian Kontroversi Drainase Sungai di Tani Aman Masih Berlangsung

0
42
Camat Loa Janan, Hery Rusnadi

TNews, Kukar – Camat Loa Janan, Hery Rusnadi, mengungkapkan bahwa proses penyelesaian kontroversi terkait proyek pensodetan drainase di Kelurahan Tani Aman, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, masih berlangsung. Hal ini dilakukan untuk mencari solusi terbaik menyusul penolakan yang muncul dari warga Loa Janan Ulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Saat ini, proses penyelesaian masih berlangsung dan difasilitasi oleh teman-teman di DPRD Kutai Kartanegara. Kami masih menunggu perkembangan lebih lanjut,” ungkap Hery Rusnadi pada Rabu (8/11/2023).

Dikatakan bahwa permasalahan ini tidak dapat diatasi secara individual, melainkan memerlukan kerjasama antarwilayah.

“Sudah dua kali rapat di DPRD Kutai Kartanegara, dan rencananya akan dibicarakan lagi oleh pemerintah dari dua wilayah, yaitu Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Pemerintah Kota Samarinda,” tambahnya.

Harapan besar Hery Rusnadi adalah bahwa pertemuan antarpihak yang dijadwalkan akan segera terlaksana dapat membuka ruang dialog yang konstruktif dan memperkuat sinergi antara pemerintah Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara, juga Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, guna memberikan solusi yang memadai terhadap permasalahan ini.

“Diharapkan agar segera terselesaikan, mengingat target proyeksi normalisasi sungai yang dilakukan oleh Dinas PU Provinsi Kalimantan Timur ini seharusnya selesai pada bulan Desember ini,” harapnya.

Sebelumnya, pekerjaan pensodetan drainase yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menuai berbagai kekhawatiran.

Warga Loa Janan Ulu menyuarakan keprihatinan mereka terkait proyek ini yang dikhawatirkan akan meningkatkan debit banjir di Desa Loa Janan Ulu, sehingga menuntut agar pekerjaan pensodetan dihentikan.

Warga Loa Janan Ulu berharap bahwa keprihatinan mereka terhadap potensi banjir sebagai dampak dari proyek ini dapat diakomodasi dengan serius oleh para pemangku kepentingan yang terlibat dalam penyelesaian permasalahan ini. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.