Camat Muara Jawa : Lapangan Sudirman Pusat Kegiatan yang Mendekatkan Masyarakat

0
25
Lapangan Sudirman yang terletak di Muara Jawa Ulu, Kec. Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

TNews, Kukar – Lapangan Sudirman yang terletak di Muara Jawa Ulu, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, telah lama menjadi tempat penting bagi seluruh komunitas di daerah tersebut.

Camat Muara Jawa Safruddin berbicara tentang peran kunci lapangan ini dalam kehidupan pemerintahan dan masyarakat setempat.

“Memang betul adanya, sebab lapangan itu diperuntukkan untuk umum, ditambah kita juga belum punya banyak tempat untuk kegiatan masyarakat, jadinya tempat itulah yang kita maksimalkan,” ungkap Safruddin.

Lapangan Sudirman telah menjadi pusat kegiatan beragam kelompok, baik dari unsur pemerintahan maupun masyarakat, yang berkumpul untuk mengadakan berbagai kegiatan penting.

“Jadi seluruh kegiatan dari berbagai segmen, unsur, kelompok pemerintahan atau masyarakat dilaksanakan disana,” lanjutnya.

Tidak hanya sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan hiburan masyarakat, Lapangan Sudirman juga membuka peluang bagi kegiatan berbasis agama.

“Seperti contoh kegiatan yang baru saja dilakukan disana yaitu Maulid Arba’in, bahkan antusias warga sangat luar biasa sampai lapangan itupun tidak menampung,” jelasnya.

“Ini menunjukkan bahwa lapangan tersebut bisa menjadi pemersatu masyarakat,” sambungnya.

Sebelum direnovasi pada tahun 2016/2017, Lapangan Sudirman juga menjadi lokasi pasar malam yang berlangsung setiap malam minggu, memberikan hiburan bagi warga setempat.

Sementara mengenai Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) dari lapangan tersebut, Camat Safruddin menjelaskan hingga saat ini pihaknya belum menerapkan sistem untuk mendapatkan PAD

“Untuk saat ini kita belum ke arah situ, lebih kepada iuran kebersihan saja kepada masyarakat itu. Namun perlahan kita akan mengarah kesana juga, yang pasti dilakukan bertahap agar masyarakat tidak kaget juga, yang tadinya gratis, nantinya dikenakan biaya,” imbuhnya.

Dia berharap Lapangan Sudirman terus berfungsi sebagai tempat bersatu dan berkembang bagi warga Muara Jawa, mendorong kegiatan bermasyarakat dan memberikan wadah yang lebih luas bagi masyarakat untuk berkumpul dan berinteraksi. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.