Dekot Paripurnakan KUA PPAS TA 2019 Tahap I Kotamobagu

0
64

ADVETORIAL, KOTAMOBAGU – DPRD Kota Kotamobagu mengelar Sidang Paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat I penyampaian kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah serta prioritas dan plafon anggaran sementara (KUA PPAS) tahun anggaran 2019.

Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Djaelantik Mokodompit, menyampaikan pencapaian prioritas pembangunan merupakan koordinasi seluruh pemangku kepentingan melalui intergrasi program prioritas dan kegiatan prioritas. “Pemerintah daerah mendukung tercapainya lima prioritas pembangunan nasional sesuai dengan potensi dan kondisi yang ada,” ujar Djaelantik Mokodompit.

Lebih lanjut, keberhasilan pencapaian prioritas pembangunan nasional sangat tergantung pada singkronisasi kebijakan pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat yang dituangkan dalam rencana kerja pemerintah daerah.

“Kelima prioritas pembangunan nasional tahun 2019 dimaksud yakni pertama pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar, kedua pengurangan kesejangan wilayah melalui penguatan konektifitas dan kemaritiman, Ketiga peningkatan nilai tambah ekonomi mulai pertanian, industri dan jasa produktif, Keempat pemantapan ketahanan energi, pangan dan sumber daya air melalui persarian lingkungan, Kelima stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu 2019,” ungkap Djaelantik.

Sementara itu, Walikota Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, menyampaikan Tema Pembangunan Kotamobagu pada tahun 2019 yaitu Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan dasar umum informasi.“Dengan tema pembangunan tersebut maka pelaksanaan berbagai program dan kebijakan pembangunan yang nantinya akan kita laksanakan bersama pada tahun 2019 mendatang juga akan dilaksanakan sejumlah program prioritas pembangunan,” ujar Tatong Bara.

Lebih lanjut, ada empat program skala prioritas yaitu pertama peningkataan pertumbuhan ekonomi melalui pengurangan kemiskinan dan pengaguran, Kedua pematapan ketahanan pangan, Ketiga peningkatan kapasitas keuangan pemerintah daerah dengan good Goverment, Keempat pemberdayaan masyarakat dan peningkatan modal sosial.

Sidang paripurna DPRD Kotamobagu juga dihadiri oleh Forkampinda, Pimpinan SKPD, ASN Kotamobagu, Camat se Kotamobagu, Lurah serta Sangadi se Kotamobagu.

 

 

Konni Balamba

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.