Desa Jembayan, Oase Menuju Kemajuan Pertanian

0
19
Sekretaris Desa Jembayan, Jamli

TNews, Kukar – Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), menjadi sorotan dengan potensi pertaniannya yang menggairahkan. Dengan sekitar 300 hektar lahan, desa ini membangun ladang sayur dan sawah padi yang menjanjikan. Namun, perjuangan petani tidaklah mudah, terutama menghadapi keterbatasan sarana dan prasarana.

Demi meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para petani, Pemerintah Daerah telah memberikan bantuan berharga berupa alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada Desa Jembayan.

Sekretaris Desa Jembayan Jamli menjelaskan bahwa alsintan ini telah memberikan kontribusi yang sangat berarti dalam mempermudah proses pertanian. Meski begitu, tantangan masih menghampiri dan Desa Jembayan berharap bantuan lebih lanjut akan datang.

Selain alsintan, desa ini juga pernah menerima bantuan bibit dan pupuk dari pemerintah, yang menjadi kunci sukses bagi pertanian lokal. Jamli berharap, bantuan semacam ini akan terus mengalir agar kualitas dan kuantitas panen semakin meningkat.

“Alhamdulillah, untuk sarana dan prasarana pertanian sudah ada, tapi masih belum mencukupi.” tuturnya baru-baru ini, Kamis (19/10/2023).

Tak hanya itu, Desa Jembayan memiliki visi untuk membangun gudang beras yang akan dikelola oleh badan usaha milik desa (bumdes). Saat ini, bumdes telah sukses dalam pengelolaan stok batubara dan kantin untuk tambang, namun mereka juga ingin menciptakan penghasilan dari beras sendiri.

Tidak hanya mengandalkan bantuan, desa ini juga bekerja sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Loa Kulu, yang berada di Desa Sepakat. Dengan mengundang para ahli dari BPP, Desa Jembayan secara rutin menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani.

“Semua tergantung permintaan atau kemauan petani. Misalnya mereka minta pelatihan tanaman cabe, kami undang ahli di bidang tersebut dan kami alokasikan dana dari Alokasi Dana Desa (ADD),” ujar Jamli. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.