Desa Kota Bangun I Terus Maksimalkan Potensi Pertanian untuk Kesejahteraan Warga

0
35

TNews, Kukar – Desa Kota Bangun I yang terletak di Kecamatan Kota Bangun Darat, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), terus menjalankan upaya yang gigih dalam mengoptimalkan potensi pertanian dan perkebunan sebagai sektor unggulan.

Menurut Kepala Desa Kota Bangun I, Nur Rohim, masyarakat desa ini sebagian besar berasal dari daerah Jawa yang telah melakukan transmigrasi. Mayoritas dari mereka bekerja sebagai petani, sehingga potensi pertanian dan perkebunan di desa ini menjadi sasaran utama pengembangan.

Masyarakat Desa Kota Bangun I mayoritas bekerja sebagai petani padi, karet, dan dalam bidang hortikultura. Selain itu, ada pula yang terlibat dalam sektor perkebunan kelapa sawit,” ujar Nur Rohim.

Dijelaskan, Desa Kota Bangun I memiliki sekitar 128 hektar lahan sawah produktif yang terbagi menjadi 4 hamparan lahan, beberapa di antaranya sudah vakum selama beberapa tahun. Pengelolaan lahan sawah ini dilakukan oleh 12 kelompok tani yang bekerja sama.

“Namun Desa Kota Bangun I menghadapi tantangan serius terkait kadar asam tanah.
Oleh karena itu, petani di desa ini sangat memerlukan pupuk dolomit atau kapur untuk menetralisir masalah ini,” imbuhnya.

Dalam upaya menangani permasalahan tersebut, lanjut Rohim, pihaknya terus berkomunikasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar serta melakukan berbagai pengujian.

Lebih lanjut, Nur Rohim menegaskan bahwa pihaknya sangat terbuka terhadap bantuan dari pemerintah. Sejak tahun 2020, petani di desa ini secara rutin mendapatkan bantuan berupa 2 paket pupuk NPK dan urea, serta bantuan alat mesin pertanian (alsintan) seperti 8 unit traktor dan 6 alat perontok padi berukuran kecil.

Rohim berharap agar ada pendampingan lebih lanjut dari tenaga ahli dalam hal pengaplikasian pupuk dan penanggulangan hama.

“Upaya ini diharapkan akan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perkembangan pertanian dan perkebunan di Desa Kota Bangun I serta kesejahteraan masyarakatnya,” tandasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.