Dipimpin Sekda Tahlis, Seluruh ASN Bolmong Antusias Bersihkan Rumah Warga Pasca Bencana Banjir

0
23
Loading...

ADVETORIAL, BOLMONG —  Perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) terhadap masyarakat yang dilanda bencana banjir badang di Desa Domisil, Pangi Timur dan Pangi Rabu 04 Maret 2020, sekira pukul 04.00 Wita dini hari lalu itu terus dilakukan. Buktinya, dibawah pimpinan Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Satuan Kerja Prangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Bolmong turun membantu masyarakat untuk melakukan pembersihan seluruh rumah warga, tempat ibadah yang terendam lumpur dan pepohonan pasca banjir bandang.

Sekda Tahlis mengatakan, pihak pemkab terus melakukan monitoring secara langsung hingga kondisi dan kebutuhan masyarakat yang terdampak benar-benar terpenuhi dengan baik. “Iya, hari ini seluruh ASN melakukan bantuan pembersihan di rumah warga tiga desa. Domisil, Pangi Timur dan Pangi. Pemkab Bolmong juga akan terus melakukan penyaluran bantuan ke masyarakat, apapun itu, baik fasilitas alat berat untuk pembersihan lumpur, kebutuhan bahan makanan di posko bencana dan dapur umum yang sudah tersedia, pakaian, perlengkapan mandi, susu untuk anak dan balita serta pelayanan kesehatan,” ungkap Tahlis, Jumat (06/02/2020).

Seperti di Desa Pangi Timur, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) ditugaskan untuk mebantu para warga guna membersihkan rumah yang masih terendam lumpur. “Sejak pagi hingga sore hari kita membersihkan rumah warga. Hal ini merupakan bentuk  kepedulian pemkab untuk membantu warga yang terdampak bencana,” kata Kepala Diskominfo, Parman Ginano.

Tak hanya bantuan fisik, materi, pakaian, bahan pokok hingga makanan siap saji bantuan yang diberikan Pemkab Bolmong terhadap korban banjir bandang yang menimpa masyarakat, Kecamatan Sangtombolang tersebut.

Selain penguatan mental dan spiritual kepada orang dewasa, anak-anak juga diberikan Trauma Healing dengan kegiatan having fun seperti diajak bermain dan bernyanyi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) guna menguatkan mental mereka pasca bencana.

Di sisi lain, bantaun dari berbagai organisasi, satu diantaranya Sahabat Jurnalis Bolmong (SJB), Polda Sulut juga ikut berbagi bersama para korban. Bahkan bantuan dari pemerintah tetangga terus berdatangan, Walikota Kotamobagu Tatong Bara salah satunya, memberikan langsung bantuan kepada Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, saat mengunjungi posko bencana di Desa Domisil, Kecamatan Sangtombolang.

Sekadar diketahui, bencana banjir bandang yang terjadi Rabu 04 Maret 2020 lalu, menelan 1 korban jiwa, yakni Musdalifa Harun anak berusia 5 Tahun yang terlepas dari kakeknya saat berusaha menyelamatkan diri dari terjangan banjir. Puluhan rumah warga rusak, puluhan hektar lahan terendam banir, roda 4 maupun roda 2 hanyut tergerus air.

Imran Asiaw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.