Disambut Bupati, Dirjen Prasana dan Sarana Kunker di Bolmong

0
51

ADVETORIAL, BOLMONG – Direktur Jendral (Dirjen) Prasarana dan Sarana, Kementrian Pertanian RI, Pending Dadih Permana, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Jumat (9/2/2018). dengan melakukan peninjauan langsung panen jagung di Desa Totabuan Kecamatan Lolak

Kehadiran Dirjen Pertanian ini, tidak luput dari kerja keras Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow dengan bertujuan agar pembangunan di daerah dan kesejateraan masyarakat khususnya petani, hubungan terus dibangun orang nomor satu tersebut.

Buktinya, dalam kunjungan ini, Pemkab Bolmong mendapat kucuran bantuan dari kementan demi menunjang sektor pertanian.

Bupati Bolmong dalam sambutnnya menyampaikan, berbagai potensi yang ada di bolmong khususnya sektor pertanian memiliki luas 29.140 hektar persawahan, dan 85.000 hektar lahan jagung. Serta luas wilayah bolmong 30 persen dari keseluruhan luas wilayah Sulut.

“Bolmong adalah pemasok beras terbesar di Sulut. Ini juga semua kerja keras para petani, untuk itu saya harap Kementan dapat memperhatikan para petani dengan menambah anggaran lebih besar untuk menunjang seltor pertanian di bolmong,” kata orang nomor satu di bolmong itu.

Mantan Ketua Komisi V DPR RI ini mengungkapkan, dengan luas lahan yang ada di bolmong saat kata dia, nantinya kementan dapat supaya dapat memberikan anggaran yang lebih proposional.

“Sampai saat ini, bolmong hanya mendapat ekor dari anggaran yang disediakan tiap tahun. Untuk itu saya dan masyarakat bolmong sangat membutuhkan perhatian dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi. Karena, PAD sampai saat ini baru 39 miliar, dan itu belum cukup memenuhi kebutuhan petani,” ia menambahkan.

Sementara itu, Dirjen Prasarana Dan Sarana dalam dambutannya, menyambut baik permintaan Bupati. Menurut Dadih, untuk membangun pertanian tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Pusat melainkan Pemerintah Daerah. “Saya menyimak betul apa yang sudah dijelaskan Ibu Bupati. Saya langsung jawab saja keinginan Bupati, untuk alat mesin pertanian, kami tambah 25 unit Traktor, Pompa air dan Dua Unit Excavator,” ujar Permana.

Tak hanya itu jelas Permana, pihaknya berharap, dengan adanya bantuan tersebut bisa dimaksimalkan oleh masyarakat khususnya para petani.

“Dengan adanya bantuan ini, agar kiranya dapat digunakan dengan baik. Sebab, ini bukan milik pribadi ataw perseorangan, melainkan milik kita bersama khususnya para petani,” tutupnya.

Sekedar diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Bolmong Yanny R Tuuk, Sekda Bolmong Tahlis Galang, Walikota Kotamobagu Tatong Bara, mewakili Gubernur Sulut Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulut, Dandim 1303 Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono, Komandan Batalyon Artileri Medan 19/105 Tarik Bogani Letkol Artileri Iron Prasetyo, Kapolsek Lolak AKP Suharno juga Kepala Perangkat Daerah Bolmong dan Kotamobagu, Camat serta Sangadi.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.