DP3A Kukar Berkomitmen Mewujudkan Kabupaten Layak Anak

0
10
Kepala DP3A Kab. Kutai Kartanegara, Bambang Arwanto

TNews, Kukar – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus mengejar impian mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan tekad yang semakin kuat. Bupati Kukar, Edi Damansyah, baru-baru ini mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang menciptakan Forum Anak tingkat Kelurahan dan Desa sebagai langkah konkret dalam pembangunan daerah yang melibatkan partisipasi anak-anak.

Kukar telah berhasil mempertahankan status KLA tingkat madya selama empat tahun beruntun sesuai dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA) nomor 18 Tahun 2019.

Namun, pemerintah setempat tidak berhenti di situ. Mereka berkomitmen untuk meningkatkan status KLA menjadi tingkat utama dengan langkah-langkah inovatif.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3A) Kukar Bambang Arwanto menjelaskan bahwa salah satu upaya untuk mencapai status KLA tingkat utama adalah dengan membentuk forum anak di tingkat kelurahan dan desa serta meningkatkan standarisasi yang sudah ada.

“Dalam upaya kami mencapai status KLA tingkat utama, saat ini kita telah memiliki standarisasi seperti ruang bermain anak dengan taman ulin dan taman pintar. Selanjutnya, kita akan mendorong rumah ibadah layak anak serta mengubah banyak taman kota menjadi lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak-anak,” ungkap Bambang pada Senin (6/11/2023).

Bambang juga melaporkan bahwa forum anak telah didirikan di 18 kecamatan, dan ini menjadi langkah penting dalam mencapai standar yang dibutuhkan untuk mencapai status KLA tingkat utama. Forum anak di tingkat kelurahan dan desa diharapkan akan menjadi wadah penting bagi partisipasi anak-anak dalam proses pembangunan daerah mereka.

“Forum anak ini merupakan wadah yang kami berikan kepada anak-anak untuk berpartisipasi dalam mendapatkan hak-hak mereka, termasuk hak asuh, partisipasi, kehidupan yang layak, perlindungan, dan pertumbuhan yang optimal,” tegasnya.

Bambang menekankan bahwa komitmen penuh pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam melanjutkan pembangunan berbasis anak ini akan terus berlanjut. Dengan langkah-langkah nyata dan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, Kukar semakin mendekatkan diri pada pencapaian status Kabupaten Layak Anak tingkat utama. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.