DPRD Bolmong Gelar Paripurna Tetapkan 3 Perda Usulan Eksekutif Serta Perda Usulan Legislatif

0
67

ADVERTORIAL, BOLMONG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong)

menggelar rapat paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat II Ranperda tentang penyelenggaraan Ibadah Haji, Ranperda tentang kepemudaan dan Ranperda tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

Selain itu, DPRD Bolmong sekaligus menggelar Paripurna pembicaraan tingkat I Ranperda tentang tata cara penyelenggaraan cadangan pangan dan Ranperda tentang penyertaan modal daerah kepada PT. Bank Sulut Go (BSG).

Paripurna tersebut berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD di Lolak, Senin 13 Desember 2022.

Dalam kesempatan itu, DPRD Bolmong telah menyetujui tiga Ranperda menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Rapat paripurna itu dipimpin langsung Ketua DPRD Welty Komaling, didampingi dua wakil ketua yakni Sulhan Manggabarani dan Sukron Mamonto serta dihadiri para anggota DPRD dari semua fraksi. Penjabat Bupati Limi Mokodompit hadir juga di Paripurna bersama para asisten dan para pimpinan OPD.

Dari rapat paripurna ini, semua fraksi menerima, termasuk menerima satu usulan Ranperda usulan eksekutif.

Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, mengatakan Ranperda Inisiatif DPRD telah melewati proses pembahasan sejumlah stackholder. Seperti Perda Haji kata Welty, dalam proses pembahasan melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bolmong. Begitu juga dengan Perda Kepemudaan proses pembahasan melibatkan unsur Kepemudaan.

“Fraksi-fraksi DPRD  menyampaikan kata akhir fraksi secara tertulis, dan langsung diserahkan kepada Pimpinan Sidang. Fraksi yang hadir memberikan persetujuan atas tiga Perda,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit menyampaikan atas disahkannya tiga Ranperda menjadi Perda. Salah satunya Ranperda tentang pajak daerah dan retribusi yang diusulkan eksekutif.

“Dengan selesainya proses penyusunan, pembahasan dan persetujuan bersama atas Ranperda yang diajukan, kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih,” ungkap Limi.

Pihaknya pun yakin Ranperda yang telah disahkan bersama ini, merupakan upaya maksimal untuk meningkatkan kepastian hukum, guna menunjang pelaksanaan pemerintahan, meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan di Kabupaten Bolmong.

“Kami menghormati dan mengikuti segala keputusan yang diambil pada rapat paripurna hari ini,” ujar Limi.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.