Edi Damansyah Dorong Kukar Punya Galangan Perahu

0
29
Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah (foto : TNews)

TNews, Kukar – Dalam upaya untuk menggerakkan sektor ekonomi lokal, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terus berinovasi dengan tidak hanya memberikan bantuan alat-alat perikanan, tetapi juga fokus pada pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan badan ketinting atau perahu.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menekankan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung diversifikasi ekonomi dan peningkatan keterampilan masyarakat setempat. 

Pelatihan pembuatan perahu di Muara Muntai diharapkan dapat memberikan keahlian tambahan bagi kelompok nelayan, membuka peluang untuk menjalankan kegiatan sampingan. Produksi lokal badan perahu hasil dari pelatihan Dinas Perikanan dan Kelautan ini diharapkan akan menjadi pendorong bagi kelompok nelayan untuk memiliki keahlian tambahan dan kesempatan berwirausaha.

“Badan perahu ini merupakan hasil produksi dari Muara Muntai. Hasil pelatihan yang diberikan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan,” kata Edi Damansyah saat memberikan bantuan perahu dan fasilitas perikanan di Kelurahan Mangkurawang, Sabtu (7/10/2023).

Bupati Kukar juga mendorong pengurus kelompok usaha bersama di Kutai Kartanegara untuk mengidentifikasi anggota yang berminat mengikuti pelatihan pembuatan perahu. Dengan harapan, setelah berhasil melalui pelatihan, produksi badan perahu dapat dilakukan secara lokal di Kutai Kartanegara.

“Kita berharap nanti ada galangan perahu. Jadi galangan ini tidak hanya memproduksi, tetapi ada pemeliharaannya,” tambahnya.

Inisiatif ini juga diarahkan untuk membentuk koperasi KUB guna memastikan produksi badan ketinting dilakukan secara berkelanjutan dan mempromosikan pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal. (Adv/Diskominfo Kukar)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.