Empat Bank Kucurkan 15,6M KUR Sektor Parekraf  di Minut

0
113
Simbolisasi penyerahan bantuan KUR oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiga Uno dan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda

Bupati Joune Ganda : Bantuan ini untuk pemulihan dan menguatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi, untuk pengembangan DSP Likupang, kiranya para penerima KUR dapat mempergunakannya untuk pengembangan usaha dalam menopang DSP Likupang sebagai kebanggan Minahasa Utara

TNews, Minut – Sektor perbankan saat ini memiliki perhatian khusus untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DSP) Likupang.

Hal itu itandai dengan kucuran dana 15,6 Miliar rupiah sebagai Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang digelontorkan oleh 4 Bank yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank SulutGo dan Bank Central Asial (BCA) untuk semester pertama tahun 2022. Dana yang dikeluarkan dari empat bank pelaksana bantuan KUR dalam menopang DSP Likupang yakni : BRI Rp 6,1 miliar, Bank Mandiri Rp 5,6 miliar, Bank SulutGo Rp 2,3 miliar dan BCA Rp 1,6 miliar.

Penyerahan secara simbolis ini dilaksanakan Sabtu (30/07/2022) oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, di sela pelaksanaan kegiatan Direktorat Akses Pembiayaan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bertajuk Literasi Keuangan Desa Wisata di Desa Marinsow, Likupang Timur, Minahasa Utara.

Perwakilan pengusaha penerima KUR  untuk Debitur Bank BRI daerah Likupang yakni Yet Abdas, Plafond Rp15 juta untuk jasa akomodasi lainnya kategori KUR Mikro, Sardius Talibana Plafond Rp 20 juta untuk kuliner kategori KUR Mikro, dan Chalsum Dwi Ningrum, berjumlah Rp 10 juta untuk Jasa Akomodasi Lainnya kategori KUR Mikro. Untuk KUR Bank Mandiri Daerah Likupang, diterima debitur Fiven Laurry Feyby Weku berjumlah Rp 50 juta untuk Kuliner olahan KUR Mikro, Maisje Maria Rau berjumlah Rp 200 juta Kuliner, KUR Kecil, dan Frans Bernard Rottie, Plafond Rp 100 juta untuk Jasa Angkutan/Travel, KUR Kecil. Kemudian, untuk pembiayaan KUR Bank BCA Daerah Likupang, diberikan kepada perwakilan Indria Lighaya Suwu, berjumlah Rp 350 juta untuk kuliner, KUR Kecil, dan Agustien Tineke Kandou, berjumlah Rp 150 Juta untuk Kuliner KUR Kecil. Untuk pembiayaan KUR Bank SulutGo Daerah Likupang, masing-masing kepada debitur Johanes Hamdie Christian Pontoh, Plafond Rp 25 juta Kriya, KUR Mikro, serta Rommy Joeseph Katuuk, Rp 30 juta untuk Kriya, KUR Mikro.

Bupati Minut Joune Ganda, SE. MAP  menyampaikan salut serta apresiasi kepada Bank Indonesia sebagai motor untuk perbankan, juga dukungan besar serta perhatian dari Kementerian atas bantuan KUR bagi masyarakat Minahasa Utara untuk pengembangan DSP Likupang. “Bantuan ini untuk pemulihan dan menguatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi, untuk pengembangan DSP Likupang, kiranya para penerima KUR dapat mempergunakannya untuk pengembangan usaha dalam menopang DSP Likupang sebagai kebanggan Minahasa Utara,” kata Bupati Joune Ganda.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DR Sandiaga Salahudin Uno BBE MBA mengatakan, Pemerintah pusat sangat besar perhatiannya dengan pengembangan DSP Likupang. “Mari para investor berinvestasi di Minahasa Utara, termasuk investasi perhotelan, serta lembaga keuangan untuk berkolaborasi. Kembangkan layanan digital banking, marketing online, CSR, program kemitraan bina lingkungan untuk UMKM,” ajak Menteri Sandiaga Uno.

Dalam rangkaian acara ini, juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Sarana Multigriya Finansial (SMF) dengan Desa Wisata Paputungan dan Palaes, terkait fasilitasi kredit pembiayaan Homestay, sekaligus Penyerahan Simbolis pembiayaan Homestay dengan total jumlah kredit yang disalurkan sebesar 1,4 Milyar rupiah. Hadir dalam acara tersebut, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Henky H.P. Manurung, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara Henry Katjily, Kepala OJK Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara Winter Marbun, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara Fernando R Butarbutar, Kepala Dinas Pariwisata Minut Audy F Sambul, Regional CEO Bank BRI Area Suluttenggomalut Luthfi Iskandar, Kepala Kantor Wilayah Bank Mandiri Eddy Efrata Sinulingga, Kepala Kantor Cabang Utama BCA Manado Liau Jung Nyap, Pemimpin Divisi Kredit Komersial Bank SulutGo Nasrudin Herlambang, Plh Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf Rita Dwi Kartika Utami, Koordinator Perbankan Kemenparekraf/Baparekraf Mugiyanto, Direktur Keuangan dan Operasional SMF,  Bonai Subiakto, Ketua Tim Pembiayaan Homestay PT SMF Slamet Prabowo, Para pejabat dari Desa Wisata Marinsow, Paputungan, dan Palaes dan Perwakilan BUMDES Desa Wisata Marinsow, Paputungan dan Palaes. (Penyunting Meiyer Tanod/Adv/***)

Simbolisasi penyerahan bantuan KUR oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiga Uno dan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.