Haul Akbar Tuan Habib Tunggang Parangan Penyebar Islam Pertama di Kawasan Kerajaan Kutai

0
62

TNews, Kukar – Haul Akbar Tuan Habib Tunggang Parangan Kutai Lama penyebar Islam pertama di Kerajaan Kutai akan diselenggarakan di Kompleks Makam Tuan Habib Tunggang Parangan di Kutai Lama 4 Oktober 2023 di Kompleks Makam Tuan Habib Tunggang Parangan di Kutai Lama.

Kegiatan bertema “Maknai Jejak Sejarah Syiar Islam di Kalimantan Timur” ini bertujuan mempererat silaturahim, menyebarkan dakwah Islam, memperkuat keimanan, dan mempromosikan Desa Kutai Lama sebagai obyek wisata religi.

Selain itu untuk dakwah Islam dengan inti pengajian yang menyentuh realitas kehidupan masyarakat, untuk mengingatkan keimanan dan ketaqwaan, juga untuk memperkenalkan Desa Kutai Lama sebagai obyek wisata religi di Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut versi sejarah, Tunggang Parangan yang bergelar Si Janggut Merah bersama Datuk Ribandang adalah tokoh penyebar agama Islam pertama di Kerajaan Kutai pada masa pemerintahan Raja Aji Mahkota (1525 – 1589). Setelah Sultan Aji Mahkota, pemerintahan Kerajaan Kutai oleh Sultan Aji Dilanggar yang memerintah dari tahun 1589 hingga 1605. Dalam dakwah Tuan Tunggang Parangan bersama Sultan Aji Dilanggar atau Aji Gendung gelar Meruhum Aji Mandaraya, penyebaran Islam semakin pesat hingga rakyat Kutai memeluk agama Islam. Selanjutnya cucu Raja Mahkota yakni Aji Ki Jipati Jayaperana gelar Pangeran Sinum Panji Mendapa menyebarluaskan ajaran pengaruh Islam dan menaklukkan kerajaan Hindu Martapura.

Sementara versi sejarah yang lain, pada masa pemerintahan Raja Mahkota sebelum kedatangan Tuan Habib Tunggang Parangan, dikabarkan pernah datang ke pedalaman Kutai para saudagar Arab diantaranya adalah Sayyid Muhammad bin Abdullah bin Abu Bakar al-Marzak yang juga seorang ulama dari Minangkabau. Tujuan para ulama itu adalah untuk menyebarkan agama Islam di Kutai, namun belum berhasil membujuk Raja Mahkota untuk memeluk agama Islam.

Haul Tuan Habib Tunggang Parangan merupakan agenda tahunan yang digelar di Kutai Lama / Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur yang berdekatan dengan Kota ibukota Provinsi Kaltim Kota Samarinda. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.