Joune Ganda Gembira, Desa Budo Juara 1 ADWI 2022

0
106

Terbaik di Kategori Digital dan Kreatif.

“Joune Ganda: Ini Keberhasilan Semua Masyarakat Minut”

TNews, Minut Sulawesi Utara – Desa Budo Kecamatan Wori Minahasa Utara alhirnya menang Anugera Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Ini sebuah prestasi yang sudah bisa diperdiksikan dan menambah koleksi prestasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) dibawa kepemimpinan Bupati Joune Ganda.


Desa Budo dengan kegigihannya, akhirnya keluar sebagai Juara 1, untuk Kategori Digital dan Kreatif Lomba dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 atau ADWI 2022, dalam pengumuman pihak penyelenggara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Minggu (30/10/2022) malam di Jakarta.
Sang The One Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, dengan kebanggaan dan kegembiraan, mengucapkan terima kasih kepada pihak Kemenpraf, khususnya Menteri Sandiaga Uno, atas penghargaan tersebut.

“Terima kasih kepada pihak Kemenpraf Republik Indonesia, Bapak Menteri, Pemerintah dan Masyarakat desa Budo, atas penghargaan ini,” tutur Joune Ganda.
Selanjutnya bupati JG mengatakan, penghargaan ini adalah keberhasilan Pemkab Minut dan masyarakat dalam menggenjot sektor pariwisata sehingga bisa dikenal di tingkat nasional maupun internasional.
“Ini keberhasilan ini adalah milik semua masyarakat Minut,” tambah Joune Ganda.
Lebih membanggakan lagi, kata Joune Ganda, desa Budo yang kemudian juara ini, adalah satu-satunya perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.
“Desa Budo satu-satunya perwakilan Sulawesi Utara yang masuk dalam 50 besar ADWI 2022,” jelas Joune Ganda.

Pemimpin Adat Sangihe desa Pariwisata Budo menyembut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sandiaga Uno dengan Bendera Merah Putih

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam penjelasannya belum lama ini, bahwa puncak ADWI 2022, yang adalah penganugerahan kepada desa wisata-desa wisata yang terpilih dengan berbagai kategori, sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan mereka dalam mengembangkan Desa Wisata yang berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia.


Diketahui, kegiatan Visitasi dan penilaian 50 Besar Desa Wisata ADWI 2022 telah selesai dilaksanakan pada 15 Oktober 2022.
Visitasi berakhir di Desa Wisata Saba Budaya Baduy Kabupaten Lebak Banten yang merupakan desa ke-50 dan menjadi penutup rangkaian visitasi ADWI 2022.

Menari Bersama, inilah sisi menarik dari kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno ke desa Wisata Budo kecamatan Wori Minahasa Utara. (Foto : Meiyer/TN)

Setelah dilakukannya visitasi, rangkaian berlanjut dengan proses penjurian akhir oleh para Dewan Juri Profesional ADWI 2022 pada pekan ketiga Oktober 2022. Ada 7 kategori penilaian, yakni daya tarik, homestay, toilet, suvenir, CHSE, digital dan konten kreatif serta kelembagaan. Selain itu, akan ada pemenang 3 klasifikasi desa wisata yaitu rintisan, berkembang dan maju.
Selamat untuk desa Budo kecamatan Wori Minahasa Utara Sulawesi Utara. (Tim Redaksi/Advetorial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.