Kotamobagu dan Sejumlah Prestasi di Tengah Pandemi

0
96
Advertorial, Kotamobagu – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kotamobagu ke-13, Sabtu, (23/05/2020), tidak dibarengi upacara peringatan. Hal ini dikarenakan mewabahnya covid-19 atau corona virus di hampir seluruh dunia, tak terkecuali Kotamobagu.
Penerapan protokol kesehatan seperti sosial distancing, physical distancing terus dilakukan, sehingga pemerintah kota hanya bisa mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengelar dzikir bersama di rumah masing-masing pada HUT KK tahun ini, yang juga bertepatan di Bulan Ramadhan 1441 Hijriah.
Meski demikian, di tengah berperang melawan covid-19, Pemerintah Kota Kotamobagu dibawah kepemimpinan Walikota, Tatong Bara, Wakil Walikota, Nayodo Koerniawan, (TB-NK)  banyak mengukir prestasi.
Tercatat, awal tahun 2020, Kotamobagu mengukir indah namanya dengan banyak penghargaan,  diantaranya predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang mempu dipertahankan hingga tujuh kali berturut-turut dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.
Selain itu, Kotamobagu juga mendapatkan Kota Terbaik pertama pada penghargaan Anugerah Sensanitasional Award 2020 Tingkat Sulawesi Utara dan sekaligus Kota Terbaik pertama Perencanaan Pembangunan Daerah tingkat Sulawesi Utara tahun 2020.
Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang harus memenuhi 3 indikator utama yaitu indikator kesehatan, pendidikan dan kesehatan, Kota Kotamobagu sangat baik yakni masuk urutan ke enam dengan angka 73 tentunya ini membuktikan bahwa banyak sekali capaian yang positif.
“Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi Kotamobagu juga sangat baik yakni sudah 6 persen lebih diatas capaian rata-rata provinsi,” kata Walikota.
Walikota berharap, semangat  di HUT Kotamobagu ke 13 ini bisa nembawa semua masyarakat lebih rukun lagi dan bekerjasama, menjaga keamanan dan turut memberikan kontribusi positif untuk daerah Kotamobagu yang sama-sama kita cintai.\
“Selamat Ulang Tahun Kotamobagu yang ke 13, mari kita tatap hari esok dengan penuh optimisme dan insyaallah Kotamobagu semakin lebih baik lagi kedepannya,” ujar Walikota.
Diketahui, pada HUT Kotamobagu ke-13, Pemerintah Kotamobagu mengusung tema, Kota Kotamobagu bersama rakyat menuju Kota Jasa dan Perdagangan yang berdaya saing melalui pendekatan data dan informasi, serta Pemerintah dan Rakyat Kotamobagu bergandeng tangan menstabilkan sektor jasa dan perdagangan untuk mempertahankan daya saing daerah ditengah pandemi covid-19.
Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.