Kukar Bersinar di Genta Nusantara III, Rendi Solihin Sebut Penting Pelestarian Budaya

0
27
Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin bersama tim saat mengikuti rangkaian kegiatan Genta Nusantara III yang digelar di Bali mulai 2 hingga 5 November 2023

TNews, Kukar – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin menghadiri perhelatan megah, Genta Nusantara III, yang berlangsung mulai 2 hingga 5 November 2023 di Bali. Acara temu budaya nasional yang mengundang perwakilan dari seluruh penjuru Indonesi ini mengusung tema “Keluhuran Nusantara”

Genta Nusantara III, selain menghadirkan beragam kekayaan budaya, juga menampilkan sejumlah acara menarik, termasuk temu budaya, pertunjukan seni, karnaval seni Wayang, pameran ekonomi kreatif khas Yogyakarta, dan eduwisata toleransi.

“Acara ini bertujuan untuk menyamakan persepsi mengenai pelestarian seni budaya dan kearifan lokal di setiap daerah,” ungkap Rendi Solihin.

Kukar, dengan kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) yang baru-baru ini dibangun di wilayahnya, telah tampil sebagai salah satu pionir dalam menjaga kebudayaan dan kearifan lokal.

“Kebudayaan adalah identitas suatu daerah, sudah seharusnya ini dijaga untuk tetap lestari,” imbuhnya.

Selain itu, Rendi juga menyebut pentingnya melestarikan keberagaman kebudayaan di Kukar, termasuk kesenian, tari tradisional, dan bahasa. “Keberagaman kebudayaan Kukar harus terus dilestarikan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Genta Nusantara III, Nengah Rata Artana, mengungkapkan kebanggaannya atas kehadiran 662 seniman dari 11 provinsi di Indonesia.

“Tidak hanya seniman dari dalam negeri, namun seniman dari luar negeri juga turut memeriahkan acara ini,” ujarnya.

Genta Nusantara III, yang diselenggarakan di berbagai tempat, termasuk Ruang Kertha Gosana, mengusung empat agenda utama, yakni temu budaya, seni pertunjukan, pameran UMKM, dan kegiatan kepariwisataan “Visit to Puja Mandala.”

Keberhasilan penyelenggaraan Genta Nusantara I dan II di Royal House Rumah Budaya Yogyakarta pada tahun 2021 dan 2022 mencerminkan semakin berkembangnya semangat pelestarian budaya di Indonesia.

Dalam acara ini, musik tradisional asal Kukar, Topa Ethnic, turut memeriahkan dengan penampilan yang memukau, didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kukar, David Haka.

Genta Nusantara III telah sukses menjadi panggung bagi keragaman budaya Indonesia, serta menjadi bukti komitmen Kukar dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya yang kaya dan berharga bagi bangsa. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.