Kukar Gagas Kemitraan Strategis dengan Puslitkoka untuk Mendorong Sektor Pertanian

0
18
Bupati Kukar Edi Damansyah saat mengunjungi kebun kopi di Desa Prangat Baru (istimewa)

TNews, Kukar -Langkah strategis di bidang pertanian kembali diambil oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yang kini tengah menjajaki kerja sama yang potensial dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) Jember.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kukar Suhada mengungkapkan pernyataan ini saat membacakan sambutan resmi Bupati Kukar dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai Kompetensi Budidaya Kopi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sub Pertanian di UPT BP PSDM Provinsi Kaltim.

Menurutnya, kerja sama ini menjadi langkah cerdas untuk mengoptimalkan potensi pertanian di daerah. “Kami tengah melakukan eksplorasi kerjasama dengan Puslitkoka Jember di Provinsi Kalimantan Timur,” ungkap Suhada.

Program-program unggulan yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melibatkan berbagai pihak serta mencakup aspek dari hulu ke hilir, termasuk dalam hal pemasaran. Dengan dukungan ini, diharapkan sektor pertanian di Kukar dapat berkembang lebih pesat.

Adapun beberapa kegiatan prioritas yang diusung dalam rangka mencapai tujuan tersebut antara lain pembangunan 120 embung skala kecil, perbaikan jalan usaha tani, hingga pembentukan unit usaha pertanian.

Pemerintah Kukar juga berkomitmen pada peningkatan luas tanam jagung, fasilitasi bagi nelayan, dan pembangunan sentra Industri Kecil Menengah.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap terjalin visi dan kapasitas bersama dalam budidaya, panen, dan pascapanen kopi, yang pada akhirnya akan menjadi pendorong utama percepatan pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara,” papar Suhada dengan keyakinan. (Adv/Diskominfo Kukar)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.