Kukar IDAMAN: Pusat Data Kecamatan Mengukuhkan Transformasi Digital

0
13
Kabid TIK Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kukar Ery Hariyono dan Tim YES

TNews, Kukar – Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara, Ery Hariyono membuka Bimbingan Teknis Pelatihan Sistem Informasi Aplikasi TV Info Publikasi (SIATIKA) di Yogyakarta, dengan menghadirkan narasumber dari Yogya Executive School (YES). Kegiatan ini digelar di Yogyakarta pada tanggal 31 Oktober hingga 2 November 2023.

Kegiatan yang menghadirkan sejumlah tokoh penting seperti Direktur Yogya Executive School (YES)Wahyu Setiaji, Kepala Seksi Persandian Bidang TIK, Sopyan Agus, Pranata Komputer Ahli Muda Urusan PDISI Bidang TIK, Rudi Irwansyah, dan staf Adi Listiono, serta staf pendamping bidang TIK, ini bertujuan untuk mendukung transformasi digital yang diperlukan dalam pemerintahan dan pelayanan publik.

Ery Hariyono dalam sambutannya menjelaskan bahwa Program Dedikasi Kukar IDAMAN bertujuan untuk mengubah pola pikir dan budaya dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, menuju yang lebih efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, dengan berbasis teknologi informasi. Pusat data dan layanan informasi pengetahuan di Kecamatan menjadi fokus utama dalam gagasan ini.

“Hal ini menempatkan Kecamatan sebagai pusat data dan layanan informasi pengetahuan, pengembangan data dasar, dan informasi tentang kependudukan, aset kampung, dan daerah, untuk meningkatkan kapasitas perencanaan dan pengelolaan sumber daya, serta diseminasi informasi dan pengetahuan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ery Hariyono menjelaskan bahwa dengan Kecamatan sebagai pusat data, informasi, dan pengetahuan, akan mendukung proses perencanaan, pelaksanaan, penganggaran, serta pemantauan dan evaluasi pembangunan kecamatan dengan lebih baik.

“Kecamatan juga menjadi pusat data dan informasi kewilayahan. Saat ini Diskominfo Kukar telah mensupport perangkat dan jaringan pusat data di 20 kecamatan. Untuk itu diperlukan tenaga teknis ASN kecamatan yang akan mengoperasional dan menjalankan pusat data kecamatan. Oleh sebab itu diperlukannya Pelatihan Sistem Informasi Aplikasi TV Info Publikasi (SIATIKA) untuk Aparatur ASN 20 Kecamatan,” jelasnya.

SIATIKA (Sistem Aplikasi TV Info Publikasi) adalah sebuah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk mengelola pembuatan konten yang diperuntukkan bagi publik atau umum dengan tujuan publikasi atau promosi.

Konten informasi tersebut meliputi teks, running text, gambar atau foto, video, dan audio, yang ditampilkan melalui media berupa TV layar datar atau IDS (Information Display System).

“Aplikasi SIATIKA memiliki beragam fitur seperti beranda, pengaturan, kewenangan, operator, konten, informasi, berita, agenda, pengumuman, galeri, video, foto, running text, backsound, dan parameter IDS,” terangnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.