Libatkan Sekdes, Diskominfo Bolmong Gelar Sosialisasi KIM

0
36

ADVETORIAL, BOLMONG –  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar sosialisai Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) bagi para Sekretaris Desa (Sekdes) se Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (26/11/2019), di Gedung Aspirasi, Kompleks Kantor DPRD Bolmong.

Diketahui, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang SIP MM. Dalam kesempatannya, Tahlis mengatakan, agar para Sekdes harus mampu menjadi sumber informasi bagi masyarakat di desa. “Sekdes diharuskan menjadi garda terdepan untuk memberikan informasi ke masyarakat,”ungkap Tahlis.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Bolmong, Parman Ginano SPt mengatakan, kegiatan sosialisasi KIM yang dilaksanakan ini berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang pedoman pengembangan dan pemberdayaan lembaga komunikasi sosial, tertanggal 1 Juni 2010.

Lebih lanjut parman menjelasakn, bahwa KIM ini secara praktis adalah media lokal masyarakat desa dimana perannya untuk meliput dan menyebarluaskan informasi, seputar kegiatan lembaga masyarakat dan warga sekaligus media komunikasi antar-warga. “KIM kan dinentuk oleh masyarakat dan untuk pula masyarakat, yang dimana secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah,”ungkapnya.

Parman menambahkan, Tujuan KIM yakni mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi, “KIM juga sebagai penghubung antar pemerintah dengan masyarkat untuk mneyerap dan menyalurkan inforamsi,”tutupnya,

 

Yogi Mokoagow

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.