Limi Mokodompit Terima Gelar Adat Bogani

0
46

ADVERTORIAL, PEMKAB BOLMONG – Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM diberikan gelar adat bogani. Gelar adat ini diberikan Senin (27/3) siang, di rumah dinas Bupati, Desa Lalow, Kecamatan Lolak. “Gelar adat ini telah melalui rapat bakid perwakilan seluruh tokoh- tokoh adat masyarakat tingkat desa dan Kecamatan se-Bolmong,” ujar tokoh adat Bolmong Chairun Mokoginta.

Berdasarkan pantauan Usai rapat bakid, dipimpin budayawan Bolmong Chairun Mokoginta, memberikan anugerah Bogani Limi, dan Istri Boki Iryanti.

Budayawan Bolmong Chairun Mokoginta mengatakan, penganugerahan kepada Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, ini sudah melalui remuk tokoh adat mulai dari desa dan tingkat kecamatan. Dan pada hari ini Dianugerahi gelar adat Bogani Limi, diawali dengan bakid tingkat kabupaten.

“Ini dijaring dari aspirasi masyarakat, ini murni dibahas dari perwakilan tokoh adat se-bolmong. Dan berita acaranya ada,” terang Chairun, mantan Anggota DPRD Bolmong.

Nantinya kata Mokoginta penyandang gelar adat ini punya hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan.

“Yang bersangkutan bisa mendapatkan perlindungan adat dan kewajibannya harus melestarikan budaya yang berada di Bolmong,” jelasnya.

Sementara itu, usai menerima gelar adat Bupati Limi berterima kasih kepada pemangku adat di desa, kecamatan maupun tokoh-tokoh adat. Katanya, setelah dianugerahi gelar adat uni, pastinya ia akan menjadi pengayom dan pelindung masyarakat. “Tentunya saya akan melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” tutup Bupati.

Dalam kegiatan ini dihadiri Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Wakil Ketua DPRD Sulhan Manggabarani, Kapolres Bolmong AKBP Slamet Ramelan, Kapolres Kota Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi SIK, Dandim Bolmong, Letkol Topan Angker SSos, Direktur PDAM Kamran Muktar, camat se Bolmong, Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit SM MBA, Pimpinan OPD Pemkab Bolmong, dan perwakilan tokoh adat tingkat kecamatan dan desa se-Bolmong. (adv/**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.