Luar Biasa Festival Gurita Kabupaten Kaur 2023 Masuk 110 KEN

0
114

TNews. KABUPATEN KAUR-  Patut di apresiasi keberhasilan Pemerintahan Kabupaten Kaur Dalam Gelaran Festival Gurita Tahun 2023 di Kabupaten Kaur kali ini telah mendapat pengakuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf ) RI sekaligus telah dinobatkan dan masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara ( KEN ). Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah saat membuka acara Festival Gurita Tahun 2023 di Kabupaten Kaur, bertempat di Pantai Wisata Laguna Samudra Desa Merpas Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Rabu (21/6/3023).

Dalam acara pembukaan festival gurita tahun 2023 tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Parekraf yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas Joshua Simanjuntak, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Wakil Bupati Kabupaten Kaur Herlian Muchrim, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Ketua DPRD Kaur, Kepala Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Kepala Bank Bengkulu, Para Camat, Unsur Forkopimda dan sejumlah Wakil Bupati Kabupaten Tetangga serta Masyarakat di Kabupaten Kaur yang turut serta memeriahkan acara tersebut.

Gubernur Bengkulu mengatakan untuk mendapatkan pengakuan dari Kementerian Parekraf dan masuk dalam data Kharisma Event Nusantara itu tidak mudah karena butuh perjuangan yang maksimal dan proses yang sangat panjang dari pemerintah daerah.

” Berkat kerja sama, kolaborasi dan sinergitas antara pemda kabupaten Kaur dan pemerintah daerah Provinsi Bengkulu, Alhamdulillah festival gurita pada hari ini masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara,” ujar Rohidin.

Ia menambahkan tujuan dari event ini adalah untuk meningkatkan citra pariwisata yang ada di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, mempromosikan objek wisata, kuliner dan mempromosikan seluruh produk yang dihasilkan oleh UMKM yang ada di Kabupaten Kaur khususnya. Dengan adanya event ini diharapkan dapat membangkitkan sektor pariwisata di kabupaten Kaur, sehingga dapat meyakinkan minat para investor untuk mengembangkan bisnisnya. Hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sambutan Wakil Bupati Kaur Herlian Muhrim ST. Dalam pembukaan Festival Gurita Kabupaten Kaur. Rabu (21/6/2023). Di Pantai wisata Laguna

Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Kabupaten Kaur tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Gubernur Bengkulu yang telah menyempatkan diri untuk hadir langsung pada acara festival gurita ini.

” Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Joshua Simanjuntak dari Kementerian Parekraf RI dan Bapak Gubernur Bengkulu serta seluruh tamu undangan dan juga masyarakat Kabupaten Kaur yang telah hadir dan ikut memeriahkan acara ini. Kami harap melalui kegiatan ini dapat menghantarkan kabupaten Kaur untuk terus berkompetisi diajang event – event Nasional, khususnya di sektor pariwisata. Untuk itu dukungan dan kerja sama dari Kementerian Parekraf dan juga pemerintah provinsi Bengkulu sangat kami harapkan dalam rangka mengembangkan potensi – potensi objek wisata dan kuliner yang ada di kabupaten Kaur,” ujar Herlian.

Wabup menambahkan selain memperkenalkan kuliner khas kabupaten Kaur ( olahan gurita ), kabupaten Kaur juga memiliki objek – objek pantai wisata yang sangat indah, dengan ciri jhas dan keunikan dari tempat itu sendiri, diantaranya pantai wisata danau kembar, pantai wisata wayhawang, pantai wisata pinang tawar, pantai wisata pengubaian, pantai hili, pantai air langkap dan tempat – tempat wisata alam lainnya. Namun dengan segala keterbatasan yang kami miliki, potensi – potensi alam tersebut belum secara maksimal dapat kami kembangkan. Oleh sebab itu dukungan dan perhatian dari pihak Kementerian Parekraf dan juga pihak Provinsi terus kami nantikan.

Menanggapi hal tersebut Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Joshua Simanjuntak mengatakan pihaknya akan terus mendukung kegiatan event tahunan ini sebagai salah satu festival nusantara.

” Event ini sangat bagus dan unik, kami akan terus mendukung kegiatan ini. Maka dari itu festival seperti ini harus terus diselenggarakan setiap tahun agar tujuan dari event ini dapat tercapai, sehingga ciri khas yang dimiliki oleh kabupaten Kaur bisa dikenal diseluruh Indonesia. Dan pastinya akan menarik minat wisatawan lokal bahkan mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Kaur,” kata Joshua.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya kolaborasi antar pemerintah daerah, stakeholder, provinsi dan juga kementerian terkait. Dia mengatakan dalam mengembangkan sektor pariwisata tidak terlepas dengan kegiatan promosi, di zaman sekarang ini promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi canggih, melalui aplikasi – aplikasi media sosial.

Dengan melakukan promosi melalui pemanfaatan media sosial seluruh masyarakat dalam dan luar negeri akan memperoleh informasi tentang kabupaten Kaur khususnya objek – objek wisata dan kuliner yang indah dan menarik yang dimiliki oleh Kabupaten Kaur. Sehingga Kaur akan menjadi pilihan utama untuk dikunjungi.

Reporter: Mr. Mish

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.