Pantai Biru Kersik: Memikat Dunia dengan Keindahan Alam dan Kolaborasi Inovatif

0
46
Pantai Biru, Desa Kersik, Kecamatan Merangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara

TNews, Kukar – Pesona eksotis Pantai Biru Kersik di Desa Kersik, Kecamatan Marangkayu, terus merajai panggung pariwisata Kukar. Bukan sekadar destinasi liburan, namun kini menjadi magnet bagi para peneliti dan investor yang turut menyemarakkan pengembangannya.

Kepala Desa Kersik Jumadi mengungkapkan bahwa Pantai Biru Kersik bukan sekadar pantai biasa. Dengan potensi alamnya yang luar biasa, pantai ini menjadi pusat eksplorasi, mulai dari snorkeling yang memanjakan mata dengan keindahan biota laut hingga kegiatan edukatif seperti bank sampah, penanaman mangrove, dan berburu ikan di empang.

“Keindahan pantai ini membuatnya menjadi primadona, dan pengunjung selalu berdatangan,” ujar Jumadi dengan semangat di S Caffee, Samarinda pada Sabtu (14/10/2023).

Kepala Desa Kersik, Jumadi

Tak hanya masyarakat lokal, Pantai Biru Kersik juga menarik perhatian pihak ketiga yang ikut terlibat dalam pengembangannya. Kolaborasi antara Pemerintah Desa Kersik, Kelompok Sadar Wisata, Pertamina Hulu Kalimantan Timur, Universitas Mulawarman, dan Universitas Gadjah Mada menjadi kunci sukses dalam menangani tantangan abrasi dan meningkatkan kapasitas SDM pengelola.

Jumadi menyebut bahwa bantuan yang diberikan tidak hanya bersifat fisik tetapi juga mencakup pemberdayaan masyarakat.

“Bantuan dalam bentuk fisik dan pemberdayaan masyarakat diberikan untuk pengembangan wisata. Misalnya, langsung turun untuk penelitian maupun penanaman (pohon mangrove),” ungkapnya.

Kendati pendapatan asli desa belum mencapai potensinya, Pantai Biru Kersik tetap ramai di akhir pekan, menjadi destinasi favorit para pelancong.

Jumadi menjelaskan bahwa upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa masih terus dilakukan, dengan pengelolaan melalui restribusi parkir sebagai langkah awal.

Lebih lanjut, Kelompok Sadar Wisata Desa Kersik mempromosikan keunggulan wisata melalui inovatif Famtrip Kersik 2023. Gagasan ini, yang diharapkan dapat mendukung visi menjadikan Desa Kersik sebagai desa wisata, menawarkan paket perjalanan wisata yang menggabungkan tradisi lokal, keindahan alam, dan edukasi bagi para pengunjung.

“Famtrip Desa Kersik 2023 merupakan kegiatan untuk mempromosikan potensi desa. Rencananya, Desa Kersik akan menjadi destinasi wisata, dan itu salah satu visi misi kami.” imbuhnya.

Famtrip Kersik 2023 menawarkan pengalaman tak terlupakan, mulai dari tarian tradisional hingga edukasi terumbu karang dan snorkeling. Desa Kersik juga telah merancang fasilitas terbaru, termasuk home stay untuk para pengunjung yang ingin lebih mendalami keindahan Pantai Biru Kersik.

“Saat ini, kami tidak hanya mengundang para pengunjung untuk sebentar, tetapi juga untuk tinggal dan merasakan keaslian desa ini. Oleh karena itu, kami sudah membangun home stay untuk para pengunjung, dan Alhamdulillah saat ini sudah tersedia,” tutupnya dengan senyum penuh harap. **Atliwu** (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.