Pecah Rekor di Minut, Presiden Jokowi Sehari Dalam Kunjungi Empat Lokasi Berbeda

0
30
Presiden Jokowi sedang "Blusukan" di pasar Airmadidi, salah satu Ikon Minahasa Utara, dalam rangak mengecek ketersediaan bahan kebutuhan pokok, sekaligus harga dan kemudian berdialog serta membagi bantuan kepada pedagang. (Foto : Ist)

JGKWL : Terima Kasih Bapak Presiden !

Presiden Jokowi didampingi bupati Minut Joune Ganda, Tabur bibit ikan di Bendungan Kuwil Kawangkoan (Foto : Ist)

“Bupati Minut Joune J.E Ganda dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung : “Terima kasih atas kunjungan kerja sebagai bukti kepercayaan bapak Presiden Jokowi untuk masyarakat Minahasa Utara. Kunjungan ini memberikan dampak yang nyata bagi pembangunan Minut saat ini dan selanjutnya, terutama untuk pengembangan DPSP Likupang. Kunjungan ini sekaligus membuktikan Minut dan Likupang aman dan ramah terhadap kunjungan, terutama para wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke Minahasa Utara yang tentunya berdampak secara ekonomi “

TNews, Minut Sulawesi Utara – Sungguh kepercayaan yang sangat tinggi ditunjukkan Ir. H. Joko Widodo sebagai orang nomor satu Republik Indonesia, yang diberikan kepada kabupaten Minahasa Utara saat ini dibawah kepemimpinan Bupati Joune J.E. Ganda, SE, MAP, MM, MSi dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung, SH, MH.

Wakil Bupati Minut Kevin W Lotulung menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Minahasa Utara (Foto: Ist)

Hal ini dapat dibuktikan dengan kunjungan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo hari ini, Kamis (19/01/2023) ke empat lokasi yang berada di wilayah kabupaten Minut.

Presiden RI mula-mula melakukan “Blusukan” ke pasar Airmadidi di Kelurahan Sarongsong I Kecamatan Airmadidi, disana Jokowi melihat dari dekat aktivitas pasar tradisional ini legendaris di Sulut ini. Saat Presiden dan rombongan tiba sekitara pukul 09.20 WITA, masyarakat berdesakan menunggu di lokasi tersebut langsung berteriak dan memanggil nama Presiden Jokowi bahkan ada yang mengacungkan kertas dengan tulisan tangan, untuk menarik perhatian presiden Jokowi.

Presiden Berdialog bahkan berbelanja di pasar Airmadidi Minahasa Utara (Foto : Ist)

Presiden Jokowi pun langsung bersalaman dengan sejumlah masyarakat dan menuju ke dalam lokasi pasar.

Di pusat kegiatan perdagangan itu, Jokowi kemudian berdialog dan berinteraksi dengan pedagang dan pembeli untuk mengetahui dan memantau dampak inflasi terhadap harga bahan pokok di wilayah Minut dan tak lupa memberikan bantuan ke pedagang serta membagikan kaos baik kepada pedagang maupun masyarakat pengunjung.

Pengunjung pasar Airmadidi berebut mendekati Presiden Jokowi untuk berfoto dan mendapatakan kaos Jokowi yang dibagikan Presiden. (Foto : Ist)

Rombongan kenegaraan ini kemudian bergerak ke desa Kawangkoan dan Kuwil kecamatan Kalawat. Presiden kemudian melakukan peresmian sebagai tanda beroperasinya Bendungan Kuwil Kawongkoan dengan areal seluas157 Hektar dan memiliki daya tampung 26 juta meter kubik. Operasional Bendungan ini, selain meminimalisir banjir di Kota Manado, juga bermanfaat untuk ketersediaan air baku di tiga wilayah yakni Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung. Bahkan ke depan bendungan ini juga mendukung penyediaan pasokan energi listrik mikrohidro 2 x 0.70 Mega Watt dan pengembangan potensi pariwisata dan sarana irigasi bagi pertanian di wilayah Minut.

Presiden Jokowi disela peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan, melaksakan kuis berhadiah sepeda untuk siswa-siswi yang berada di lokasi kegiatan. (Foto: Ist)

Kepala Negara menyebut bahwa bendungan yang dibangun sejak tahun 2016 dan menelan anggaran Rp1,9 triliun tersebut memiliki sejumlah manfaat yang dapat digunakan oleh warga sekitar bendungan.

“Bendungan Kuwi Kawangkoan ini, memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare yang bisa nanti untuk pembangkit listrik, kemudian mengurangi banjir yang ada utamanya di Manado, dan juga untuk pertanian,” ujar Presiden.

Disaksikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Bupati Minut Joune Ganda, Presiden Jokowi remikan Bendungan Kuwil Kawangkoan. (Foto : Ist)

Ditambahkan Presiden Jokowi, bahwa pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan dilatarbelakangi terjadinya peristiwa banjir bandang yang melanda Kota Manado tahun 2014 silam. Operasional bendungan ini, diharapkan dapat mereduksi dengan baik, potensi banjir di Kota Manado dan sekitarnya.

“Karena ini berada di atas Manado sehingga kalau enggak dihentikan di sini, airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir. Seperti kita ingat pernah 2014, di Manado pernah banjir bandang,” beber Presiden RI yang diidolai warga Tanah Toar Lumimuut ini.

Oleh Direktur Bendungan dan Danau Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Airlangga Mardjono, juga menyebut Bendungan Kuwil Kawangkoan memiliki potensi pariwisata seluas kurang lebih lima hektare. Potensi pariwisata tersebut antara lain berupa waruga atau makam kuno masyarakat Minahasa yang menjadi destinasi wisata sejarah favorit para wisatawan dalam maupun luar negeri.

“Waruga atau makam kuno yang kita lestarikan dan kita revitalisasi sehingga juga bisa menjadi daerah kunjungan pariwisata baru di Kota Manado,” ujar Airlangga.

Hadir juga dalam peresmian bendungan Kuwil Kawangkoan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Anggota Komisi V DPR RI Djenri Alting Keintjem, Gubenur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Direktur Utama Wijaya Karya Agung Budi Waskito, dan Direktur Utama Nindya Karya Haedar A. Karim

Presiden didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey di lokasi Hotel Marriot Paputungan Likupang Barat, salah satu hotel berbintang lima di Minut. (Foto : Ist)

Usai meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Presiden RI Joko Widodo di dampingi Menteri PUPR, Dr. (H.C.) Ir. H. M. Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan wakil Bupati Kevin Lotulung, berkunjung ke Hotel Marriott salah satu hotel bintang lima yang dibangun di desa Paputungan Kecamatan Likupang Barat. Hotel ini diharapkan menjadi penyanggah pariwisata terutama dalam menunjang Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang.

Presiden didampingi bupati Minut Joune Ganda di lokasi Hotel Marriot Paputungan Likupang Barat, salah satu hotel berbintang lima di Minut. (Foto : Ist)

Kegiatan fenomenal Jokowi di Minut, kemudian bergerak ke wilayah pelabuhan Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Munte di Desa Munte, Kecamatan Likupang Barat, dalam agenda tersebut Presiden RI meninjau kondisi dermaga yang nantinya akan menjadi akses penting penyeberangan yang akan melayani daerah kepulauan yang, menjadi obyek wisata di Kabupaten Minahasa Utara yakni Pulau Bangka, Pulau Lihaga, Pulau Gangga dan Pulau Talise.

Jokowi meninjau demaga pelabuan Muntes sebagai pelabuahan Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) di wilayah KEK Periwisata dengan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSD) Likupang. (Foto : Ist)

Pelabuhan ASDP Munte Likupang merupakan asset senilai 40 Miliar Rupiah yang dikelolah pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, setelah dihibahkan pemerintah pusat, melalui Kementrian Perhubungan lewat berita acara serah terima Hibah Barang Milik Negara (HBMN) juga diserahkan Sarana Bantuan Navigasi Pelayaran (SBNP) dan suar alur Likupang, September 2022, tahun lalu.

Bupati Minut Joune J.E Ganda didampingi wakil bupati Kevin Wiliam Lotulung mengaku sangat terharu dengan kepercayaan Presiden RI Jokowi terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat di kabupaten Minahasa Utara. “Terima kasih atas kunjungan sebagai bukti kepercayaan bapak Presiden Jokowi untuk masyarakat Minut. Semoga kunjungan ini memberikan dampak yang nyata bagi pembangunan Minut ke depan, terutama untuk DPSP Likupang. Kunjungan ini sekaligus membuktikan Minut dan Likupang aman dan ramah terhadap kunjungan, terutama para wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke Minahasa Utara yang tentunya berdampak secara ekonomi,” ujar JG sambil tersenyum

Terkait banyaknya lokasi yang dikunjungi Presiden Jokowi, Joune Ganda mengatakan hal inintak lepas dari peran masyarakat yang menjaga keamanan dan ketertiban dan yang terutama adalah peran aparat TNI/Polri melaksanakan tugas di daerah ini. “Semua pihak bahu membahu menyambut dan menjaga serta melakukan pengawalan terhadap kunjungan kenegaraan Presiden RI Joko Widodo di bumi Tonsea bagian Utara, terima kasih bapak Presiden,” tutup JG .

#EksploreLikupang

(Penyunting Meiyer Tanod/Humas Minut/Advetorial).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.