Pemdes Kelekat Kembali Salurkan BLT Kepada Warganya

0
26
Kegiatan penyaluran BLT di Desa Kelekat

TNews, Kukar – Pemerintah Desa Kelekat, Kecamatan Kembang Janggut, Kabupaten Kutai Kartanegara, kembali memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada warganya. Penyaluran BLT ini berlangsung di Gedung BPU Desa Kelekat, Rabu (25/10/2023)

Sebanyak 52 kepala keluarga menjadi penerima BLT pada periode ini. Jumlah penerima ini berkurang dari periode sebelumnya, di mana sebelumnya 94 keluarga menerima bantuan. Penurunan jumlah penerima BLT ini merupakan hasil dari verifikasi data yang ketat yang telah dilakukan.

Setiap kepala keluarga menerima bantuan sebesar Rp600 ribu sebagai upaya membantu meringankan beban ekonomi mereka.

Kepala Desa Kelekat Cawal menjelaskan bahwa penyaluran BLT ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Dana Desa Tahun 2023.

Kriteria penerima BLT melibatkan keluarga miskin yang tinggal di Desa Kelekat, dengan prioritas diberikan kepada keluarga miskin ekstrim. Selain itu, bantuan juga diberikan kepada keluarga yang memiliki anggota keluarga yang rentan sakit kronis, keluarga dengan rumah tangga tunggal lanjut usia, dan keluarga yang memiliki anggota keluarga difabel.

Cawal menegaskan bahwa bantuan ini bertujuan untuk membantu warga yang membutuhkan dan memastikan bahwa bantuan tersebut disalurkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Keputusan ini merupakan langkah konkret pemerintah desa untuk membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan ekonomi mereka,” tandasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.