Pemkab Bolmong Gelar Upacara Peringatan Hari Kartini, Ashari: Mari Kita Kenang Sosok Pelopor Kebangkitan Kaum Perempuan

0
58

ADVETORIAL, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar upacara peringatan Hari Kartini, Kamis 21 April 2022.

Upacara tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Bupati di Lolak, Asisten III Ashari Sugeha menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kartini mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow.

Upacara tersebut dihadiri langsung Ketua dan Anggota DPRD, Forkopimda, para Asisten, Kepala OPD, serta ASN lingkup Pemkab Bolmong.

Ashari Sugeha dalam sambutanya menyampaikan, peringatan Hari Kartini kali ini, merupakan momentum yang sangat berarti bagi semua untuk mengenang sosok Kartini selaku pelopor kebangkitan kaum perempuan Indonesia.

Dia mengatakan, perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa. Harus membutuhkan pondasi serta kepercayaan diri yang tinggi.

“Kemampuan ini yang mendasari ibu Kartini dalam merubah tatanan kehidupan masyarakat terkait posisi perempuan kala itu,” ungkapnya.

Perjuangan Kartini kata dia, merupakan inspirasi bagi kaum perempuan Indonesia, tidak mengenal lelah, tetap bersahaja dengan tidak meninggalkan keluhuran kodratnya sebagai perempuan.

“Perjuangan inilah yang kemudian akan mengawali kiprah kaum perempuan untuk turut berpartisipasi dalam memberikan warna dan makna di tengah kehidupan masyarakat,” bebernya.

Selain itu, dalam kaitan pembangunan di Kabupaten Bolmong, khususnya pemberdayaan kaum perempuan, terdapat banyak program pembangunan yang membutuhkan partisipasi kaum perempuan sebagai salah satu motor penggerak pembangunan.

“Yaitu dengan memastikan keikutsertaan perempuan dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, serta ikut berperan aktif dalam kerjasama global untuk pembangunan dan kesejahteraan bersama,” tuturnya.

Ia juga mengajak para Kartini Bolmong untuk lebih cerdas menyikapi perkembangan zaman dengan memberikan kerja dan karya terbaik demi peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Kabupaten Bolmong.

“Mari kita semua, terutama perempuan Bolmong agar menyikapi dengan cerdas perkembangan zaman saat ini dengan menyadari peran dan fungsi perempuan sebagai penerus perjuangan Raden Ajeng Kartini,” ujarnya.

Ashari mencontohkan, saat ini sangat banyak perempuan khususnya di Kabupaten Bolmong yang menduduki dan memegang jabatan strategis di berbagai tingkatan pemerintahan baik di legislatif maupun eksekutif.

“Diantaranya Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow. Bupati perempuan yang telah berjuang dam bekerja nyata dalam proses pembangunan daerah yang kita cintai ini,” kata Sugeha.

Karena itu, dalam momentum peringatan hari kartini ini kita mengajak kepada seluruh kaum perempuan di Kabupaten Bolmong untuk dapat menyikapi dengan cerdas perkembangan zaman saat ini, dengan menyadari peran dan fungsi perempuan sebagai penerus perjuangan Ibu Kartini.

“Mari kita semua selaku kaum perempuan di Kabupaten Bolmong untuk terus bersatu memberikan kerja dan karya yang terbaik, demi peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Bolmong,” harap Ashari.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.