Pemkab Bolmong Seriusi Pencegahan Covid-19

0
47

ADVETORIAL, BOLMONG — Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebarab Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan.

Dengan mematuhi arahan Pemerintah Pusat (PP) dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo, terkait penanganan Covid-19 serta surat edaran Menteri Dalam Negeri mulai diberlakukan.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, mengeluarkan imbauan terkait Covid-19, di antaranya, agar memperhatikan kebersihan lingkungannya masing-masing dan menerapkan pola hidup sehat, melakukan tindakan pencegahan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dapat menggunakan Hand Sanitizer, memakai masker bagi yang batuk dan pilek ringan, menutup hidung dan mulut saat batuk/bersin dengan tisu/tangan, menjaga jarak dalam bercakap-cakap minimal 1 meter, dan segera ke fasilitas kesehatan bila mengalami gejala seperti demam di atas 38 derajat.

Bahkan Kabupaten Bolmong genap berusia 66 Tahun pada 23 Maret 2020 hari ini. Untuk itu, di momen berdiriya Kabupaten sebagai induk dari empat Kabupaten/Kota di Bolaang Mongondow Raya (BMR) tak ada satupun perayaan special.

Bupati Yasti menyampaikan, pihak pemkab meniadakan peringatan HUT, bahkan kata dia, paripurna dalam rangka HUT awalnya masih akan dilangsungkan juga turut dibatalkan. Keputusan tersebut tentunya sebagai bentuk kepatuhan terhadap imbauan Pemerintah Pusat (PP). “Atas nama bribadi, keluarga dan pemerintah mengucapkan selamat HUT Kabupaten Bolmong ke-66 serta permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Bolmong bahwa momen HUT ini tidak dirayakan, karena kami patuh terhadap Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden, Mendagri dan Gubernur,” ungkap Bupati, Senin (23/03/2020).

Selain itu menurut Bupati, masih ada satu kegiatan yang belum dibatalkan, yaitu paripurna HUT Kabupaten Bolmong, setelah melakukan konsultasi dengan Gubernur Sulut, hasilnya Gubernur meminta Bupati untuk tidak mengagendakan paripurna HUT ke 66, mengingat pencegahan dan penyebaran virus. “Saat itu bersama Gubernur langsung menyampaikan kepada Ketua DPRD, Welty Komaling untuk membatalkan agenda paripurna. Sebagai gantinya tidak ada perayaan, saya berharap kepada seluruh masyarakat menggelar Do’a untuk Negara dan Bangsa Indonesia terutama bolmong agar terhindar dari virus. Saya juga meminta untuk berdoa di rumah masing masing, memohon, memanjatkan Do’a kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, InsyaAllah seluruh masyarakat bolmong dan rakyat Indonesia terhindar. Kalaupun ada yang terjangkit semoga bisa  disembuhkan,” ungkap Yasti.

Selain itu, guna mengantisipasi penyebaran virus, pemkab mulai memberlakukan rapat melalui online, ASN diinstruksikan bekerja dari  rumah, seluruh ruangan Kantor Sekretariat Daerah (Setda) juga disemprot cairan disinfektan, begitupun tempat-tempat ibadah. Seluruh Guru dan murid Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Bolmong diliburkan hingga 31 Maret 2020 mendatang.

Tempat-tempat wisata di bolmong ditutup sementara, juga open turnamen Bupati Bolmong CUP I yang telah memasuki partai puncak harus ditunda. RSUD Datoe Biangkang bahkan tidak memberlakukan jam besuk bagi pasien. Demikian juga pengurusan administrasi kependudukan ditiadakan Disdukcapil.

Imran Asiaw

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.