Pemkab Bolmong Usai Salurkan Bansos Tahap IV, Terakhir di Kecamatan Lolayan

0
26

ADVETORIAL, BOLMONG — Proses penyaluran Bansos (Bansos) Tahap IV Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dalam rangka percepatan penanganan bencana non alam Covid-19 usai disalurkan, Jumat (02/10/2020) di Balai Desa Tungoi I, Kecamatan Lolayan.

Sejak Senin (28/09/2020) hingga Jumat (02/10/2020), 15 Kecematan se-Bolmong telah menerima bantuan sembako APBD maupun APBN Tahun 2020.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, didampingi Wabup Yanny Ronny Tuuk dan jajaran bersama Ketua DPRD Welty Komaling sepekan terakhir menyalurkan bantuan secara simbolis bagi masyarakat.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, alasan pihaknya turun, guna mengecek langsung bantuan bagi masyarakat. “Mudah-mudahan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Hal ini juga sebagai bentuk perhatian dari pemerintah pusat, pemprov dan pemkab bagi masyarakat terdampak Covid-19,” ungkap Bupati.

Orang nomor satu di Bolmong itu bahkan terus mensosialisasikan dan meminta masyarakat untuk mengikuti Progran 3 M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Program ini wajib diterapkan, karena sekarang ini orang yang terinfeksi virus covid tidak bisa dipastikan betul. Kelihatan sehat tapi ternyata di badannya ada virus. Ingat penularan virus ini melalui percikan ludah. Maka dari itu, apapun aktivitas yang dilakukan perlu untuk menerapkan 3 M ini, supaya kita menang melawan Covid-19,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DKP I Nyoman Sukra menjelaskan, untuk tahap IV, penerima bantuan bagi masyarakat terdampak Covid jumlahnya bertambah. Dari 8.370 kk di tahap I, II dan III saat ini bertambah menjadi 19.373 kk.

“Jumlah penerima bertambah, baik melalui APBD maupun APBN dan juga yang di top up pemkab. Kemudian yang dibiayai oleh APBD yakni, 9.170 kk namun ada juga yang di top up seperti penerima BST dan penerima bantuan dari Kementerian Kelautan sehingga total yang menerima yaitu 19.373 KK,” kata Sukra.

Senada disampaikan Kepala Dinsos Abdul Haris Bambela, untuk bantuan tahap IV kata dia, yang akan diserahkan tersebut terdapat penambahan jumlah penerima sebanyak 800 kk.

“Jadi yang akan menerima paket sembako full dari Dinsos yakni ada 5.048 kk. Diantaranya beras 18 kilogram, minyak goreng 2 liter, gula pasir 4 kilogram, dan 8 kaleng ikan kaleng,” tutup dia.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.