Pemkab Kukar Gelontorkan Anggaran Rp22 M, Awal 2024 Pabrik Rumput Laut Bakal Beroperasi

0
24
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Arfan Boma (istimewa)

TNews, Kukar – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Arfan Boma mengatakan Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara ( Kukar) telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp22 miliar untuk pengadaan mesin rumput laut.

Dengan adanya alat itu, rencananya pada awal tahun 2024 mendatang pabrik rumput laut di Kecamatan Muara Badak bakal dioperasikan. Pabrik ini akan mengolah rumput laut menjadi tepung atau karagenan yang memiliki banyak manfaat.

Pabrik rumput laut ini, lanjutnya, merupakan bagian dari pembangunan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang sejalan dengan program pemerintah daerah.

Program ini bertujuan untuk memperkuat hilirisasi pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurut Arfan, pihaknya telah menyiapkan bangunan pendukung seperti kantor, serta bahan baku rumput laut.

“Nantinya, tepung rumput laut bisa dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap untuk membuat sosis, nugget dan makanan olahan lainnya,” ucapnya sembari agar melalui adanya pabrik itu dapat meningkatkan kesejahteraan petani rumput laut di Kecamatan Muara Badak.

“Selain itu, ia juga mengharapkan kerjasama dengan pemangku kepentingan atau stakeholder terkait pengolahan dan pemasaran produk rumput laut. Begitu pula kami berharap agar ke depan ada kemitraan dengan stakeholder melalui berbagai kegiatan. Misalnya, membangun jaringan komunikasi kelompok IKM, penampung hasil panen, dan jaringan pasar yang berkaitan dengan pengolahan rumput laut,” imbuhnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.