Pemkab Kukar Gencar Bangun 8 Ruas Jalan Tani Dorong Pertumbuhan Sektor Pertanian

0
23

TNews, Kukar – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah memacu pembangunan 8 ruas jalan pertanian sepanjang 32,55 kilometer, merespon kebutuhan mendesak sektor pertanian. Kolaborasi antara Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar menjadi kunci percepatan proyek ambisius ini.

Proyek fokus pada peningkatan jalan tematik, dengan Delapan Desa seperti Manunggal Daya, Sukamaju, dan Bhuana Jaya sebagai prioritas. Dana sebesar Rp23,1 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2023 telah dialokasikan untuk meningkatkan infrastruktur krusial ini.

Salah satu ruas jalan pertanian yang sedang dikerjakan (foto : ist)

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPU Kukar, Restu Irawan menekankan bahwa pembangunan ini tak hanya meningkatkan kapasitas jalan, tetapi juga memberikan sokongan krusial bagi pertumbuhan sektor pertanian dan pariwisata.

“Langkah ini sejalan dengan visi Kukar sebagai penyedia utama pangan untuk Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN),” jelas Restu.

“Jaringan jalan yang handal di kawasan Sebulu-Muara Kaman sangat penting untuk mendukung aktivitas pertanian, dengan Tenggarong Seberang menjadi fokus utama,” sambungnya.

Target penyelesaian proyek pada akhir tahun 2023 semakin memperkuat komitmen Pemkab Kukar terhadap kemajuan sektor pertanian dan infrastruktur. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.