Rumah Sakit Pratama Dumoga Diresmikan

0
78

ADVERTORIAL, BOLMONG – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey SE, didampingi Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Ir Limi Mokodompit MM, melakukan peresmian Rumah Sakit Tipe D Pratama Dumoga, Senin (19/06/2023) siang tadi.

Gubernur Olly Dondokambey, mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi, kepada Pemerintah Kabupaten Bolmong, dalam rangka mempersiapkan sarana prasarana pelayanan dasar bagi masyarakat.

“Karena sudah menjadi satu tugas pemerintah berada di tengah-tengah masyarakat untuk mempermudah pelayanan kesehatan,” kata

Dikatakannya akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah hak setiap warga negara. Rumah Sakit kelas D Pratama Dumoga menjadi sarana penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Lebih lanjut katanya, rumah sakit diharapkan mampu menjadi pusat perawatan produktif, kreatif dan rehabilitatif.

“Kiranya Pemkab Bolmong dapat berkomitmen untuk menyediakan akses terhadap pelayanan kesehatan yang merata dengan standar baku yang tinggi dalam upaya meningkatkan standar pembangunan kesehatan di Provinsi Sulawesi Utara,” ucapnya.

Penjabat Bupati Bolmong pada kesempatan ini mengatakan bahwa Rumah Sakit Kelas D Pratama Dumoga berstatus sebagai unit pelaksana teknis. Dan sebagai rumah sakit penunjang RSUD Datoe Binangkang yang berada jauh di Lolak.

“Pembangunan rumah sakit ini dalam rangka meningkatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu,” ujar Limi.

Hal ini kata Limi, sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2014 tentang rumah sakit kelas D pertama.

Dengan dibangunnya rumah sakit Pratama di dumoga ini telah memberikan kemudahan dan efisiensi bagi seluruh masyarakat.

“Diharapkan rumah sakit Pratama ini akan bisa memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat,” harapnya.

Dikatakan Limi, pembangunan rumah sakit ini juga bertujuan untuk memberikan pemerataan fasilitas kesehatan sekaligus mengangkat derajat kesehatan masyarakat. Khususnya di wilayah Dumoga bersatu dan sekitarnya mengingat rumah sakit umum Daerah Datoe Binangkang yang berada di luar dan jauh dari wilayah Dumoga.

Dengan jarak yang jauh dan agak sulit dijangkau serta kondisi geografis serta luasnya wilayah kabupaten menjadi alasan dibangunnya rumah sakit Pratama ini.

“Dengan diresmikan oleh bapak Gubernur sebagai pertanda dimulainya pelayanan kesehatan di daerah ini. Harapan kami, semoga dengan adanya rumah sakit ini masyarakat akan memperoleh pelayanan kesehatan yang semakin baik. Dan, pada akhirnya mampu meningkatkan angka harapan hidup,” kata Limi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bolmong, Yulin Papuling, mengatakan, Rumah sakit kelas D Pratama yang diresmikan Gubernur Sulut, direncanakan akan naik statusnya menjadi RS kelas D pada Desember 2023 ini, ungkap Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Julin Papuling.

Peningkatan kelas dapat dilakukan karena kriteria rumah sakit kelas D bisa terpenuhi dengan fasilitas yang ada. Dimana, kata Julin, fasilitas tempat tidur yang tersedia ada 50 tempat tidur, selain itu jumlah tenaga dokter juga mencukupi.

“RS kelas D Pratama ini juga didukung tenaga dokter dari RSUD Datoe Binangkang,” ucap Yulin. (Muklas/Adve)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.